Nasional

Berantas Kendaraan Odol, BPTD Sultra Dipuji Kementerian Perhubungan Darat


KENDARINEWS.COM — Sejak September lalu, puluhan kendaraan over dimension over loading (Odol) terjaring. Operasi kendaraan Odol dipimpin Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra Dr. Benny Nurdin Yusuf. Upaya memberantas Odol terus digencarkan. Terbaru, BPTD mengoptimalkan pengoperasian jembatan timbang. Setiap kendaraan yang akan masuk kapal wajib ditimbang untuk menghindari praktek Odol.

Kerja maksimal BPTD Sultra memberantas kendaraan Odol menuai pujian dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. “Kapasitas jembatan timbang terbatas dan kini di Sultra sudah gas duluan dengan adanya kebijakan BPTD Sultra bahwa setiap kendaraan akan masuk ke kapal harus ditimbang. Saya kira ini bagus dan saya acungi jempol,” kata Dirjen Hubdat, Budi Setiyadi dalam rapat bersama penindakan Odol secara virtual, Rabu (13/10) kemarin.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra Dr. Benny Nurdin Yusuf

Budi Setiyadi melihat penanganan Odol di Sultra sudah cukup maju. Namun penanganannya di Sultra tak boleh jalan sendiri, sebab ini erat kaitannya dengan jalur penyeberangan ke Sulawesi Selatan (Sulsel). “Kalau Pak Benny di Sultra saya kira sudah maju dan sudah mulai eksekusi. Sementara di Sulsel baru sosialisasi dan larangan saja namun belum ada eksekusi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Dr.Benny Nurdin Yusuf mengatakan komitmen semua pihak sangat dibutuhkan dalam penanganan Odol, baik pemerintah maupun pengusaha transporter.
“Aturan jembatan timbang dilakukan untuk menolong transporter bukan malah menekan transporter. Karenanya saya harap semua patuh pada aturan, ” kata Benny.

BPTD Sultra telah bekerja sama dengan PT.ASDP di Kolaka. Setiap kendaraan yang akan menyeberang wajib menunjukkan bukti struk penimbangan di Sabilambo. “Ini awalnya ada pro kontra. Kita sudah selesaikan dan amat diapresiasi Dirjen Hubdat,” ungkap Benny. (rah/c)


Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/kendarinews/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 1987
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top