Muna

Bentuk BUMDesma, Pemkab Muna Siapkan Formulasi Baru

KENDARINEWS.COM — Pengelolaan mayoritas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Muna, masih memprihatinkan. Pemkab menyiapkan formulasi baru untuk optimalisasi lembaga usaha setingkat desa itu. Salah satunya dengan revitalisasi dan mendorong pembentukan BUMDes bersama antar desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna, Rustam, menerangkan, banyak BUMDes saat ini tidak berkembang baik disebabkan sistem pengelolaan yang belum profesional. Kendala paling mendasar yang ditemukan DPMD adalah minimnya sumber daya manusia yang berkompeten mengambil peran dalam struktur pengurus. Kondisi itu hampir secara umum ditemukan di seluruh desa.

Rustam

“Kondisinya memang banyak yang “mati suri”. Ada yang aktif, tapi minim. Hanya di Kontunaga, tetapi sistemnya BUMDes bersama (BUMDesma). Bidang usahanya pengelolaan jambu mete. Nah, seperti yang di Kontunaga ini yang ingin kita dorong,” jelasnya, Senin (19/7) lalu. BUMDesma tersebut, kata mantan Kepala BKD Muna itu merupakan penggabungan badan usaha antar desa dalam satu kecamatan ataupun antar kecamatan. Pembentukannya dilakukan atas kesepakatan dua desa dengan sistem pengelolaan yang diatur bersama. BUMDesma juga dapat menjadi solusi permodalan yang kerap menghambat usaha. Selain itu, juga bisa dikelola lebih profesional karena ditangani tenaga profesional.

“Kita dorong agar desa berani membentuk BUMDesma. Mengapa demikian, karena dapat menggabungkan dua modal besar,” tuturnya. Selain itu, DPMD itu kini mendorong revitalisasi BUMDes melalui sistem informasi desa (SID). Itu sangat penting mengingat BUMDes sesungguhnya merupakan lembaga yang secara khusus diberi ruang untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat melalui kegiatan usaha. Bentuk usaha itu bersifat kondisional sesuai potensi lokal seperti ekonomi kreatif.

“Kita berharap ekonomi kreatif yang ada di tengah masyarakat bisa dioptimalisasi lewat peran BUMDes. Tujuannya juga agar bisa menambah lapangan kerja,” tandas Rustam. (c/ode)

Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/adminaer8kendari/public_html/new.kendarinews.com/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 994
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top