Buton Utara

Benahi Fasilitas Pendidikan, Dikbud Butur Dapat Bantuan DAK Rp 28 Miliar


KENDARINES.COM — Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Buton Utara (Butur) kian dimaksimalkan. Untuk mewujudkan itu semua, Dinas Pendidikan terus membenahi sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran pada Satuan Pendidikan berkualitas. Pembangunan infrastruktur tersebut untuk mendukung proses transfer ilmu tenaga pengajar ke peserta didik.

“Tahun ini, Dinas Pendidikan Butur mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 28 miliar. Grafiknya terjadi peningkatan sangat signifikan, hingga dua kali lipat. Jika dibandingkan tahun lalu, DAK yang didapatkan hanya berkisar Rp 14 miliar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Butur, La Hidi. Ia mengungkapkan, DAK puluhan miliar tersebut diproyeksi untuk merenovasi sejumlah sarana pendidikan di daerah berjuluk Lipu Tinadaekono Sara.

“Kebanyakan untuk renovasi bangunan sekolah. Kemudian, ada pula bangun baru sarana MCK,” sambungnya. Mantan Kadis Koperasi, Tenaga Kerja dan UMKM Butur itu optimis, peningkatan kualitas pendidikan dapat mewujudkan SDM unggul yang bisa bersaing dengan daerah lain. Tenaga pendidik juga dituntut harus berkualitas dalam memprestasikan bahan ajarnya.

Kendati demikian, La Hidi mengakui, sarana dan prasarana pendidikan di Buton Utara belum terlalu memadai. makanya, anggaran diporsikan lebih banyak untuk pembangunan infrastruktur terutama penambahan ruang kelas atau pembukaan sekolah baru dan bahan baca. “Tanggung jawab guru sangat besar dan memiliki posisi penting serta strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik. Apalagi saat ini pandemi Covid-19,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top