HEADLINE NEWS

Belum Disalurkan, Ratusan Dosis Vaksin Jatah Kota Kendari Terancam Kedaluwarsa

KENDARINEWS.COM — Sebanyak 301 dosis vaksin sinovac jatah Kota Kendari masih tersimpan di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra. Jika tidak disalurkan, dipastikan ratusan dosis vaksin itu bakal rusak. Pasalnya masa kedaluwarsanya tinggal menghitung hari atau sampai tanggal 23 Maret mendatang. Kepala Dinkes Kendari drg Rahminingrum mengakui hal itu. Saat ini, ratusan dosis vaksin yang tersimpan di Dinkes Sultra merupakan alokasi untuk Kota Kendari dengan sasaran tenaga kesehatan (Nakes).

“Kami sudah hitung sebenarnya. Vaksin yang akan expired itu sebenarnya jatah nakes yang saat ini masih dilakukan vaksinasi tahap kedua. Kami pastikan seluruh vaksin yang ada akan diberikan kepada nakes yang menjadi sasaran vaksinasi,” kata Rahminingrum. Dia yakin, sisa vaksin yang ada bakal segera terdistribusikan dengan baik dan tepat sasaran. Pasalnya masih terdapat sekira 203 nakes yang belum menerima dosis kedua. Adapun jika nantinya masih bersisa sekira 98 dosis, itu akan segera disalurkan pada kelompok lainnya seperti petugas publik dan lansia sebelum masuk masa kadaluarsa.

Sekedar informasi, cakupan vaksinasi pada nakes di Kota Kendari sangat baik. Untuk pemberian dosis pertama cakupannya mencapai 109,97 persen atau telah diberikan kepada 4.565 dari sasaran 4.151 nakes. Sementara untuk pemberian dosis kedua, cakupannya sudah mencapai 94,97 persen atau telah tersalur pada 3.942 nakes. (b/ags)

Vaksinasi Nakes Kota Kendari
-Wajib Vaksin 4.151 Nakes
-Suntikan Dosis I 4.565 Nakes (109,97 Persen)
-Suntikan Dosis II 3.942 Nakes (94,97 Persen)
-Vaksin Tersisa 301 Dosis

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top