Metro Kendari

Bedah Rumah, Pemkot Gandeng Kodim 1417 Kendari

KENDARINEWS.COM — Program bedah rumah kembali digalakkan Pemkot Kendari tahun ini. Sebanyak 22 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Lulo menjadi sasaran. Pemkot tak sendiri, melainkan dibantu Kodim 1417/Kendari. Program tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat membenahi rumahnya sehingga menjadi layak huni.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengungkapkan anggaran program perbaikan RTLH kali ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diperuntukkan bagi 22 warga kurang mampu. Dalam pelaksanaannya, pihaknya memperoleh suport dari Kodim 1417/Kendari.

“Jadi ini juga sebagai bentuk dukungan bapak Wali Kota Kendari untuk mendukung Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) tahun ini. Pemkot Kendari menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 juta per unit rumah untuk pembelian bahan/materil bangunan. Nanti, pemilik rumah dibantu teman-teman personil TNI dari Kodim/1417 Kendari untuk melakukan perbaikan,” kata Cornenlius Padang.

Mantan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kendari ini tak menampik jika program bedah rumah kali ini belum mampu mengakomodir semua warga yang membutuhkan. Itu dikarenakan keterbatasan anggaran yang ada, terlebih saat ini pemerintah baik pusat maupun daerah masih terkonsentrasi untuk mengatasi wabah Pandemi Covid-19.

“Tapi kita tetap upayakan secara bertahap pada tahun mendatang. Sesuai instruksi pak wali kota, kami akan terus memprogramkan Bantuan RTLH ini karena memang sesuai data SK Kumuh Kota Kendari masih cukup banyak warga kita yang perlu mendapat sentuhan melalui program Perbaikan RTLH ini,” kata Cornelius.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi program bedah rumah tahun ini. Ia berharap program tersebut membantu masyarakat kurang mampu, yang terdampak Covid-19 terlebih dimasa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Di sisi lain, program yang digagas pihaknya dengan melibatkan unsur Kodim 1417/Kendari diharapkan bisa semakin meningkatkan hubungan antara kedua lembaga, sehingga bisa terus bersinergi membantu masyarakat yang membutuhkan dan membangun daerah serta mewujudkan visi daerah yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi, teknologi. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top