Konawe Kepulauan

Beasiswa Wawonii Cerdas Tahap II Dibuka

KENDARINEWS.COM — Konsistensi dan perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Pulau Wawonii, terus terlihat dan menjadi skala prioritas. Program beasiswa Wawonii Cerdas yang dianggarkan sejak tahun 2016 lalu, berhasil mendongkrak indeks pembangunan manusia (IPM) dan kini mencapai 64,36. Angka tersebut dipastikan akan terus meningkat dengan berjalannya program beasiswa dari Pemkab Konkep.

Saat ini, penyaluran beasiswa Wawonii Cerdas memasuki tahap kedua. Para pelamar bantuan pendidikan pemerintah itu tengah sibuk memasukan berkas permohonan di Dinas Pendidikan Konkep dan via Kantor Pos. Kepala Dinas Pendidikan Konkep, Muh. Yani, melalui Kepala Bidang (Kabid) Guru Tenaga Kependidikan (GTK), Suhail, mengatakan, pendaftaran beasiswa Wawonii Cerdas tahap dua sudah dibuka sejak akhir September lalu.

“Tanggal 28 Oktober (besok) terakhir pendaftaran. Setelah itu baru kita akan lakukan verifikasi berkas,” kata Kabid GTK Konkep, Suhail, Senin (26/10). Paling lambat Desember 2020 mendatang beasiswa tersebut akan disalurkan kepada mahasiswa. Dari Rp 6,4 miliar beasiswa yang dianggarkan tahun ini, baru Rp 3,4 miliar lebih yang tersalurkan pada tahap satu. “Kami pastikan mahasiswa yang memenuhi syarat akan mendapatkan beasiswa. Kalau saya hitung-hitung, anggarannya pasti cukup,” ujarnya.

Suhail menjelaskan, ada sebanyak 1.275 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Wawonii Cerdas ditahap satu. Rinciannya, Diploma III 109 orang, D IV 38 orang, strata satu (S1) 1.098 dan strata dua (S2) 30 orang. “Dari 1.275 mahasiswa yang terima ditahap satu. Tidak semua akan terima lagi pada tahap II. Karena sebagian sudah masuk semester akhir dan dipastikan ada yang wisuda. Nanti semua berkas kami akan verifikasi. Yang jelas ketika berkas memenuhi syarat dan merupakan warga Wawonii, pasti diberikan,” jaminnya. (b/san)

Alokasi Anggaran Beasiswa Wawonii Cerdas Tahun 2020 :

  • Total : Rp 6,4 miliar
  • Yang tersalurkan : Rp 3,4 miliar (tahap satu)
  • Penerima :
  • Diploma III : 109 mahasiswa
  • Diploma IV : 38 mahasiswa
  • S1 : 1.098 mahasiswa
  • Magister : 30 mahasiswa
    Jumlah : 1.275 mahasiswa
    *)Tidak semua akan menerima lagi pada tahap dua.
  • Sebagian sudah masuk semester akhir dan dipastikan ada yang wisuda.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top