Hukum & Kriminal

Bea Cukai Amankan 944 Ribu Batang Rokok Ilegal

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Penindakan Bea dan Cukai Kota Kendari berhasil menggagalkan peredaran rokok yang ilegal. Penindakan ini dilakukan di dua lokasi tempat yang berbeda. Pertama di sebuah gudang di Kelurahan Anggoeya tanggal 31 Agustus lalu dan kedua sebuah rumah di Kendari tanggal 11 September. Rokok yang diamankan jenis filter dengan berbagai merk. Total rokok yang diamankan sebanyak 944 ribu batang. Rinciannya, 512 ribu batang di lokasi pertama 512 ribu batang dan 432 ribu batang di lokasi kedua.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Kota Kendari, Benny Benhard menaksir total kerugian negara akibat peredaran rokok ilegal ini mencapai Rp 511 juta. Metode perhitungannya merujuk pada biaya kena cukai rokok legal. Pasalnya, rokok tetsebut masuk tanpa cukai resmi alias palsu. Selain ribuan batang rokok sambungnya, pihaknya turut mengamankan dua mobil pick up. Sementara itu, ada 3 orang yang telah dimintai keterangannya.”Barang ini tak ada cukainya, sehingga dinyatakan ilegal. Barang ini diduga diambil dari luar kemudian dikirim ke Kota Kendari,” ujarnya.

Rokok ilegal ini kata dia, tidak layak dikonsumsi. Selain itu, peredaran rokok tanpa cukai resmi ini turut merusak tatanan industri pokok yang ada di Indonesia. Untuk itulah, sudah sewajarkan peredaran rokok ilegal harus ditindak lantaran merugikan keuangan negara.

Kasus ini lanjut Benny, masih terus dikembangkan oleh Bea Cukai Kendari. Jika ditemukan ada tindakan pidana, maka akan dihukum sesuai ketentuan undang-undang. “Pelaku di kasus ini bisa dijerat dengan Undang- undang (UU) Cukai nomor 39 tahun 2009. Ranahnya bisa tindak pidana dan bisa saja sanksi administrasi,” katanya. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top