Politik

Bawaslu : Tugas Pengawasan Bertambah di Pilkada 2020

KENDARINEWS.COM — Tugas penting Bawaslu di Pilkada tahun ini beryambah. Selain urusan elektoral, Bawaslu punya tugas kemanusian, memastikan Pilkada berjalan diatas protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Abhan

Ketua Bawaslu Abhan mengingatkan jajarannya bahwa Pilkada 2020 kali ini berbeda dengan Pilkada yang sebelumnya. Jika sebelumnya jajaran pengawas pemilu fokus mengawasi substansi elektoral, maka Pilkada ini Bawaslu mendapatkan tugas kemanusiaan untuk menjamin keselamatan masyarakat dan penyelenggara dari ancaman pandemi.

“Ada banyak hal-hal tambahan dalam melakukan pengawasan seperti harus memakai masker, mencuci tangan, dan harus memastikan obyek pengawasan mematuhi protokol kesehatan” paparnya. Abhan mengajak seluruh jajaran untuk terus mematuhi protokol kesehatan, sebab Bawaslu mendapatkan tugas untuk memastikan Pilkada tetap berada dijalur yang steril demi kesehatan.

Kata dia, pastinya ini akan terasa sedikit lebih ribet, namun harus mampu terlebih dahulu memastikan jajaran Bawaslu memiliki kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan. Lalu, melangkah secara persuasif menyosialisasikan protokol kesehatan baik kepada paslon maupun kepada publik dalam hal ini peserta pemilih.

Ia juga mengharapkan jajaran Bawaslu harus mampu tampil sebagai garda terdepan untuk menindak lanjuti jika ada paslon dalam kampanye tidak mematuhi protokol kesehatan. Dia menekannya agar jajarannya tidak membiarkan potensi terjangkitnya virus kepada masyarakat yang ikut dalam kampanye tersebut. “Jajaran Bawaslu harus koordinasi dengan jajaran Polri untuk menindaklanjuti hal tersebut,” harapnya. (fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top