Buton Tengah

Baru 20 Desa yang Tuntas, Kades di Buteng Didesak Selesaikan APBDes 2021

KENDARINEWS.COM — Para kepala desa (Kades) di Buton Tengah (Buteng) didesak segera menuntaskan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2021. Pasalnya, hingga kini baru sekitar 20 Pemerintah Desa (Pemdes) yang menyerahkan, dari 64 wilayah yang ada. Instruksi percepatan penyusunan APBDes sudah disampaikan langsung, Bupati Buteng, H. Samahuddin. “Pada pertemuan pekan lalu saya sudah sampaikan kepada para Kades. Selesaikan cepat penyusunan APBDes, agar program yang akan dicanangkan tahun 2021 dapat segera dikerjakan,” ulang Samahuddin, menegaskan, Selasa (23/2).

Ia juga mengingatkan, agar dalam penyusunan APBDes lebih mengutamakan kebutuhan masyarakat. “Jadi apa yang sudah disahkan saat Musrenbang, itu dimasukan dalam APBDes. Sering kali saya selalu ingatkan para Kades. Canangkan program sesuai kesepakatan bersama. Jangan sembarang membuat program yang tidak ada gunanya,” tegas Buteng-1 tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buteng, Armin, menambahkan, jika penyusunan APBDes tidak diselesaikan sampai bulan Februari ini, maka sanksi teguran akan dikeluarkan pihaknya. Apalagi, dalam penyusunan APBDes ini, ada program penting yang harus direalisasikan para Kades kepada masyarakat. Yakni, penyaluran BLT-DD dan pencegahan Covid-19. “Total keseluruhan desa yang ada di Buteng sebanyak 64 desa. Hanya sekitar kurang lebih 20 desa yang sudah menyelesaikan laporan APBDes. Jadi, kami berharap para Kades bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, karena ini demi percepatan pengelolaan dana desa,” tandas Armin. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top