Baru 12,50 Persen, Vaksinasi Massal Lansia Diperpanjang Hingga 3 April

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Program vaksinasi massal yang menyasar kelompok lanjut usia kembali diperpanjang hingga 3 April mendatang. Tingginya animo masyarakat yang ingin menandapatkan tambahan antibodi itu menjadi alasan Pemkot Kendari melanjutkan program tersebut. Pemberian vaksin diharapkan bisa melindungi lansia dari resiko terpapar covid-19. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan perpanjangan program vaksinasi lansia ini ditempuh pemerintah untuk mengakomodir lansia yang kesulitan mendapatkan vaksinasi di Puskesmas karena harus menunggu sekira 10 orang lansia lainnya untuk menerima vaksin.

“Kalau kita gelar di satu tempat, pesertanya pasti cepat terkumpul dan langsung kita berikan vaksinnya. Tanpa harus antri, cukup bawa e-KTP itu bisa. Apalagi kelompok lansia ini adalah prioritas kita. Agar mereka bisa terlindungi dari potensi tertular virus corona,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg. Rahminingrum mengungkapkan tingginya animo masyarakat (lansia) untuk mendapatkan vaksin menjadi alasan pihaknya melanjutkan vaksinasi massal saat ini. Terbukti dalam pelaksanaannya seminggu yang lalu (20 – 27) tercatat sekira 300 lansia menerima suntikan sinovac.
Di sisi lain, vaksinasi massal ini dilaksanakan untuk meminimalisir potensi vaksin terbuang karena sudah bisa dipastikan lansia akan datang pada satu tempat untuk menerima vaksin. “Minimal ada vaksin yang terbuang itu sisa dari satu vial saja. Misalnya lansia yang terkumpul 105 orang. Nah, itu hanya 5 itu yang terbuang. Kalau kita mendistribusi lansia itu di 15 puskesmas artinya ada 15 vial yang terbuang percuma. Jadi vaksinasi massal ini sangat efektif dan efisien,” kata Rahmingrum.

“Mudah-mudahan setelah divaksin bisa segera terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) dan mempercepat penanganannya covid-19 di Kota Kendari. Yang terpenting juga orang tua kita bisa terhindar dari potensi terpapar virus corona,” tambahnya. Sekedar informasi, hingga kemarin cakupan vaksinasi di Kota Kendari tercatat sebesar 12,50 persen atau sekira 2.329 lansia yang tervaksin dari 18.634 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi. Adapum lokasi vaksinasi akan dilaksanakan di Taman Kota Kendari mulai pukul 08.00 – 12.00 wita. Setiap lansia diwajibkan membawa identitas diri seperti e-KTP atau surat keterangan (Suket) domisili Kota Kendari. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *