Metro Kendari

Bapenda Sultra Optimis Target Pajak Tercapai

KENDARINEWS.COM — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra terus mengoptimalkan potensi pajak untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Meski di tengah pandemi Covid, pendapatan pada sektor pajak malah meningkat. Target tahun ini, Rp 934 miliar, realisasinya Rp 638 miliar atau sekira 68 persen pada September.

Kepala Bapenda, Yusuf Mundu mengatakan, pihaknya terus melakukan dorongan untuk optimalisasi sektor pajak di masa pandemi. Bahkan sampai saat ini, sisa target Bapenda untuk sektor pajak tinggal Rp 295 miliar hingga Desember mendatang. “Jadi dari target yang ada, saat ini kita sudah peroleh 68,38 persen. Ini tentu berkat kerja keras kita, di tengah pandemi kita tetap menunjukkan eksistensi dalam bekerja. Bahkan kita optimis, hingga 31 Desember nanti, target ini bakal terpenuhi,” kata Yusuf Mundu, saat ditemui diruang kerjanya (13/9).

Katanya, pencapaian target ini tentu tak lepas dari inovasi yang dilakukan. Inovasi ini berupa pendekatan pelayanan pajak kepada masyarakat. “Jadi inovasi kita bukan saja Samsat Gendong, Samsat Keliling maupun pemutihan denda, tetapi kita juga berupaya mempercepat pelayanan pajak melalui Samsat Drive Thru dan ini sudah kita operasikan.

Seluruh inovasi itu sebagai upaya kita menambah pundi-pundi penerimaan pajak kita,”bebernya. Tentunya, kata Yusuf, dengan pendekatan dan percepatan pelayanan kepada masyarakat, seluruh wajib pajak akan dengan senang hati membayar pajak. “Sebab kendala masyarakat selama ini yang menunggak bukan karena tidak mau membayar pajaknya, namun karena saat membayar antrianya panjang dan pelayanan lama. Kini pelayanan hanya memakan waktu enam menit paling lama,” katanya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top