Metro Kendari

Bapenda Sultra Luncurkan Aplikasi Info Pajak

KENDARINEWS.COM — Warga tak perlu lagi ke Samsat untuk mengetahui berapa besar tunggakan pajak kendaraan. Saat ini, Pemprov Sultra telah resmi meluncurkan aplikasi Info Pajak. Cukup melalui smart phone, pajak kendaraan langsung bisa ketahuan. Untuk bisa mengakses layanan ini, warga tinggal mendownload Info Pajak melalui Play Store

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra, Yusuf Mundu mengaku akan terus berupaya berinovasi untuk mendongkrak penerimaan pajak daerah. Salah satunya menyiapkan layanan aplikasi Info Pajak. Upaya ini guna mempermudah masyarakat agar tidak perlu lagi datang di kantor Samsat untuk mengecek pajak kendaraan bermotor.

“Kita cukup download aplikasi Info Pajak pada Play Store. Kemudian kita tinggal mengikuti petunjuk penggunaan sesuai permintaan aplikasi. Kami harapkan inovasi ini bisa mendekatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat Sultra, ” kata Yusuf Mundu kemarin.

Dalam aplikasi itu, data kendaraan telah terinput di sistem. Dengan begitu, warga tak perlu mendaftar. Namun tinggal memasukan nomor kendaraan dan lima digit terakhir nomor mesin. Setelah dienter, maka akan terlihat pajak kendaraan termasuk denda bila lewat jatuh tempo pembayaran.

“Jadi, caranya cukup mudah. Kalau pemilik kendaraan sudah tahu, mereka bisa tinggal datang membayar ke Samsat,” kata mantan Plh Bupati Konawe Utara (Konut) ini.

Layanan ini kata mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangol) Sultra ini, secara otomatis bisa memutus mata rantai praktek pungutan liar (Pungli). Sebab nilai tunggakannya sudah diketahui. “Ini sebagai upaya menghindari pungutan-pungutan liar. Bila ada anggaran yang berbeda dengan yang ada di aplikasi bisa langsung dilaporkan, ” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top