Metro Kendari

Bapenda Siap Tambah Dua Unit Samsat Keliling


KENDARINEWS.COM — Layanan jemput bola melalui Samsat Keliling yang diterapkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra cukup efektif. Tahun 2020 lalu, layanan mobile ini bisa menyumbang penerimaan daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor (PJK) sebesar Rp 2,4 miliar. Atas dasar itu, Pemprov berencana menambah dunia unit Samsat Keliling.

Kepala Bapenda Sultra, Yusuf Mundu mengatakan akan terus mengoptimalkan layanan. Salah satunya dengan mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Makanya, pihaknya berupaya menambah dua unit lagi. “Bayangkan saja, bila ini kita lebih optimalkan. Satu mobil bisa mencapai Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar. Berarti kalau tiga mobil itu kita bisa dapat Rp 12 miliar selama setahun. Tentu ini akan sangat baik untuk peningkatan PAD kita,” beber mantan Plh Bupati Konawe Utara (Konut) ini kemarin.

Pendekatan pelayanan pajak kata mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ini, menjadi inovasi yang sangat efektif. Apalagi di masa pandemi corono seperti saat ini. Sebab banyak masyarakat yang sudah tak mau lagi mengantri atau harus jauh-jauh ke Samsat.

“Jadi masyarakat sebenarnya banyak yang mau membayar pajak, hanya karena aksesnya yang terkadang jauh serta tak mau mengantri menyebabkan mereka malas untuk membayar pajaknya. Padahalkan saat ini di Samsat masing-masing kabupaten dan kota sudah jarang yang ada anrtian panjang sebab pelayanan kita sudah percepat,” kata Yusuf Mundu.

Ia berharap usulan Bapenda bisa disetujui. Sebab upaya ini bisa menambah pundi-pundi penerimaan daerah. Di sisi lain, pihaknya tetap memaksimalkan layanan di UPTD Samsat. “Kami berharap ini akan di setujui. Sebab, rencananya ini bakal di pihak ketigakan. Lagipula ini sebagai salah satu upaya kita menambah penerimaan daerah,” pintanya. (b/rah).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top