Konawe Selatan

Banyak Perusahaan Belum Miliki NIB

KENDARINEWS.COM — Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konawe Selatan (Konsel) baru saja menggelar operasi yustisi pada sejumlah tempat usaha-usaha. Dari hasil operasi yang dilaksanakan dinas teknis itu, diketahui jika beberapa perusahaan belum miliki nomor induk berusaha (NIB). Fakta tersebut diungkapkan Kepala DPM-PTSP Konsel, I Putu Darta. “Masih banyak usaha-usaha yang kita temukan belum miliki NIB, misalnya perusahan tambang batu di Kecamatan Moramo, kemudian perusahan perkebunan, perusahaan mobiler, termasuk pengolahan sumber daya laut,” sebutnya.

Sebagai tindak lanjut hasil operasi yustisi bersama jajarannya beberapa waktu lalu, pihaknya akan memberikan kesempatan bagi pemilik perusahaan untuk segera mengurus izin berusaha. “Kita masih akan berikan pembinaan dengan menurunkan petugas di lapangan, sistem jemput bola. Tentu kita akan berusaha bantu pengurusan izin lewat online,” sambungnya. Jika tetap tidak patuh terhadap prosedur izin berusaha, maka pihaknya akan memberikan teguran dan terakhir menyerahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH).

“Semua usaha di Konsel wajib kantongi NIB. Bila masih ada yang tidak miliki izin, kita akan berikan teguran dan terakhir direkomendasikan ke APH untuk penertiban,” ulangnya, menegaskan.

Putu berharap semua pelaku usaha agar bisa mengurus izin. Terutama usaha-usaha yang berdampak risiko tinggi. “Misalnya dari sisi kesehatan, kerusakan lingkungan dan dampak lingkungan hidup lainnya,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top