Metro Kendari

Bantu Warga, Dinsos Kendari Sisihkan Rp 500 Juta


-Sebanyak 150 KK Sudah Terima Bantuan

KENDARINEWS.COM — Musibah bisa terjadi kapan dan di mana saja. Sebagai bentuk antisipasi, Pemkot Kendari telah menyisihkan anggaran untuk membantu warga selain melalui Biaya Tak Terduga (BTT). Selama periode Januari-Agustus, sebanyak 150 kepala keluarga (KK) telah menerima bantuan yang melekat di Dinas Sosial (Dinsos) Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, mengapresiasi langkah cepat Dinsos yang proaktif membantu warga yang tertimpa musibah. Meski sudah menjadi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya, Dinsos sudah menunjukkan diri untuk konsisten meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam.

“Kita patut aprsiasi. Saya pastikan Pemerintah akan selalu hadir bagi masyarakat yang tertimpa musibah. Apalagi kita masih dalam suasana pandemi Covid-19,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Terpisah, Kepala Dinsos, Kendari Abdul Rauf mengatakan telah membantu sekira 150 KK selama periode Januari – Agustus 2021. Rinciannya, 20 KK korban kebakaran, 80 KK korban bencana banjir dan 50 KK korban bencana lainnya. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Kendari kepada masyarakat yang tertimpa musibah.

“Setiap ada musibah bencana, sebesar apapun, sekecil apapun itu, Pemkot Kendari selalu hadir. Ini di prakarsai pak Wali Kota Sulkarnain Kadir. Seluruh elemen juga terlibat termasuk kami di Dinsos, BPBD, TNI/Polri, elemen masyarakat terkait,” kata mantan Kabag Kesra Pemkot Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat menyerahkan bantuan pangan dan sandang kepada salah satu warga terdampak bencana puting beliung di Kelurahan Kadia. Bantuan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan korban.

Bantuan pangan dan sandang kata dia, berasal dari dana kesiapsiagaan Dinsos Kendari. Tahun ini, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 500 juta.

“Jika terjadi kondisi darurat, kami upayakan dulu kebutuhan pangan dan sandang para korban bencana. Itu penting pemenuhannya karena menjadi sudah menjadi kebutuhan utama mereka di tengah bencana. Untuk pemulihan pasca bencana itu akan ditalangi oleh Biaya Tak Terduga (BTT) Pemkot Kendari,” kata Abdul Rauf. (b/ags)

Bantuan Pangan dan Sandang
Kebakaran 20 KK
Banjir 80 KK
Bencana Lainnya 50 KK
Januari-Agustus 150 KK

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top