Metro Kendari

Bantu Pasarkan Hasil Produk Lokal, Dinas Koperasi dan UMKM Gagas PDFM

KENDARINEWS.COM — Untuk membantu pemasaran produk lokal daerah, Pemprov Sultra siap meluncurkan inovasi berbasis digital. Aplikasi pemasaran ini diberi nama plat form digital marketing (PFDM). Aplikasi ini tak hanya lebih mengenalkan produk-produk lokal, namun juga menjaga adanya klaim dari daerah lain. Untuk lebih mengenalkan program ini, Dinas Koperasi dan UMKM Sultra menggelar pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan edukasi dan management.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Isnain Kimi mengatakan pelatihan kewirausahaan ini diadakan untuk memberikan edukasi dan pelatihan dalam memahami management usaha sesuai misi Dinas Koperasi dalam pengembangan programkan Plat From Digital Marketing.
“Kegiatan ini berkaitan dengan program Plat From Digital Marketing. Di mana semua pengusaha nantinya akan berbasis digital atau online. Ini yang akan kita bangun, meskipun belum semua namun sudah ada usaha kita untuk pengembangan digital marketing di Sultra,” ujarnya, Senin (26/10).

Isnain Kimi

Aplikasi Plat From Digital Marketing lanjut Kabid Bimpres KONI ini, nantinya dapat diakses semua daerah yang ada di Provinsi Sultra. Bahkan di tahun 2021 Dinas Koperasi dan UMKM Sultra berencana akan melaksanakan kegiatan promosi. Upaya ini nantinya akan dikembangkan ke semua unsur.

“Kami dari Dinas Koperasi akan bekerja sama dengan dinas lintas sektor untuk mencoba mempromosikan dan memasarkan hasil-hasil dari selurah UMKM di Sultra melalui Aplikasi Plat From Digital Marketing. Hal ini sebagai upaya peningkatan perekonomian di wilayah kita,” ucapnya.

Program ini tambah dia, juga menjaga produk Sultra diklaim daerah lain. Ia lalu mencontohkan produk ikan teri di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang dilabel ikan teri Medan. Begitupun hasil kakao petani Kolaka dan sekitarnya yang diberi label kakao Sulawesi Selatan (Sulsel). “Promosi secara digital, nantinya dapat secara otomatis membantu mempermudah urusan pelaku UMKM yang ada di Sultra,”ucapnya.

Ia berharap pelaku UMKM selalu berusaha dan meningkatkan produknya. Sebab pelaku UMKM merupakan tongkat ekonomi di Sultra. “Kami mencoba untuk membantu mempromosikan produk mereka. Dengan sistem digital, pasaran produk-produk di Sultra bukan saja di daerah, namun nasional hingga mancanegara,” tutup Pelatih Karate Sultra ini. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top