Metro Kendari

Bangun Jalur Lingkar Dalam, Pemkot Kendari Gandeng PT SMI

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tengah berupaya meyakinkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membangun jalur lingkar dalam (Inner Ring Road). Kehadiran salah satu jalan alternatif itu sangat penting untuk meminimalisir potensi kemacetan di Kota Lulo.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meyakini bakal mendapatkan persetujuan mega proyek senilai Rp 203 miliar itu. Pasalnya, Inner Ring Road menjadi usulan masyarakat Kota Kendari dan telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Disisi lain, pihaknya telah melengkapi seluruh dokumen pembiayaan yang dipersyaratkan Kemenkeu.

Pengerjaan jalan menuju New Port Kendari (KNP). Tampak alat berat tengah meratakan jalan

“Sementara berproses, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah keluar persetujuan dari DJPK (Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan) Kementerian Keuangan. Kalau sudah keluar persetujuan itu Insyah Allah kita akan proses cepat,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Kehadiran jalur lingkar dalam lanjutnya, sangat penting dan bernilai strategis dalam pembangunan kota Kendari. Pasalnya jalur tersebut mampu mencegah kemacetan yang berpotensi terjadi seiring dengan perkembangan kota saat ini. Lanjut dia, inner ring road merupakan ruas jalan baru yang akan terhubung dengan jalan utama yang telah ada sebelumnya. Adapun lokasi pembangunannya berada didua kecamatan yakni Kecamatan Kambu dan Wuawua.

“Insyah Allah, tahun ini kita akan kerjakan. Mudah-mudahan tuntas diakhir tahun ini. kita buka dengan lebar jalan 30 meter, supaya bisa mengantisipasi pertumbuhan Kota Kendari 20 – 30 tahun bahkan 50 tahun yang akan datang. Salah satunya untuk mencegah potensi kemacetan kedepan. Jadi kita antisipasi memang sebelum terjadi (kemacetan),” tambahnya.

Politisi PKS ini menyebut, Inner Ring Road di Kawasan Kambu nantinya akan menghubungkan Jalan Z.A. Sugianto (Tapal Kuda/Samping RSUD Kendari) dengan Jalan MT Haryono (Pertigaan Kampus UHO), sedangkan di Kawasan Wuawua akan menghubungkan Jalan MT Haryono (Praja II) dengan Jalan La Ode Hadi (Depan Taman Kali Kadia/Trans Studio).

“Hadirnya dua ruas jalan baru ini kita harapakan bisa membelah arus lalulintas yang mulai macet di Kota Kendari. Nah inilah yang kita coba persembahkan untuk masyarakat kota sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat,” cetusnya.

“Saya yakin hadirnya Inner Ringroad ini selain melancarkan arus lalu lintas orang, tentunya juga dapat melancarkan perekonomian. Karena semua wilayah terhubung, mulai dari sarana pemerintah hingga pusat bisnis kota seperti Trans Studio (Kendari Park) yang tidak lama lagi akan terbangun),” pungkasnya. (b/ags)

Proyek Inner Ringroad

  1. Dua Ruas Jalan
    -Jalan Z.A. Sugianto-Jalan MT Haryono
    -Jalan MT Haryono-Jalan La Ode Hadi
  2. Anggaran Rp 203 Miliar
    -Bersumber dari Pinjaman PT SMI
  3. Masa Pengerjaan Setahun
    . Lebar Jalan 30 Meter
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top