Uncategorized

Bandara Sugimanuru Tetap Buka Layanan Penerbangan

KENDARINEWS.COM — Hari ini, pemerintah resmi memberlakukan larangan mudik. Sebagai tindaklanjut kebijakan itu, jalur transportasi darat, laut dan udara akan dihentikan sementara tak terkecuali bandar udara (Bandara) Sugimanuru di Muna Barat (Mubar). Kepala Bandara Sugimanuru Mubar, M. Khusnuddin mengatakan pelarangan mudik akan berlaku mulai tanggal 6 s.d 17 Mei mendatang. Meski demikian, tidak berarti tak ada penerbangan. Selama masa pelarangan, pihaknya tetap membuka untuk rute penerbangan tertentu saja.

“Kami memastikan tetap membuka layanan penerbangan untuk penumpang yang menggunakan jasa angkutan transportasi udara. Tapi bukan layanan mudik,” ujar M. Khusnuddin. Rute penerbangan tertentu kata dia, meliputi penumpang perjalanan dinas, pendistribusian logistik, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka dan kepentingan persalinan. Hal ini merujuk surat edaran (SE) Gubernur Sultra. Namun prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Sebab segala persyaratan dan dokumennya harus lengkap.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen atau surat-surat dari penumpang pesawat (penerbangan khusus) dan apa tujuannya. Kalau memenuhi syarat, bisa melakukan penerbangan. Jadi, kami pastikan semua lengkap,” jelasnya. Pada dasarnya, pihaknya siap menindaklanjuti arahan pemerintah larangan mudik. Namun dalam keadaan tertentu pihaknya tetap melayani pengguna jasa penerbangan Sugimauru. “Saat ini, maskapai penerbangan yang beroperasi di Sugimanuru sudah menyampaikan cancel flight. Artinya penerimbangan akan ditutup 12-17 Mei mendatang,” pungkasnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top