Metro Kendari

Awal Tahun 2021, Jalur Keluar Masjid Al Alam Difungsikan

KENDARINEWS.COM — Arus kendaraan pengunjung yang ingin berwisata religi di kawasan Masjid Al Alam bakalan semakin lancar. Jalur keluar Masjid Al Alam sudah bisa digunakan awal tahun 2021. Jembatan penghubung yang dibangun Pemprov Sultra di jalur ini ditargetkan rampung Desember mendatang. Sejauh ini, progres pengerjaan proyek senilai Rp 18 miliar masih on progress.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim mengatakan pandemi covid-19 tak menghambat pengerjaan jembatan penghubung Masjid Al Alam. Hingga kini, pembangunannya terus berjalan. “Insya Allah, tahun ini tuntas. Saat ini, masih sementara dikerja. Tapi kami belum bisa memastikan progresnya di lapangan seperti apa. Namun intinya, sedikit lagi jembatan itu akan terhubung. Makanya, pengerjaannya terus kita genjot,” beber Abdul Rahim kemarin.

Akses jalur masuk Masjid Al-Alam dari arah RSUD Kendari belum rampung akibat pengerjaan jembatan penghubung belum terselesaikan. Proyek senilai Rp 18 miliar ini ditargetkan rampung Desember mendatang.

Pembangunan jembatan penghubung kata dia, menjadi prioritas pemerintah. Makanya, proyek ini tak masuk dalam list anggaran yang dialihkan. “Jadi infrastruktur pendukung masjid Al Alam bapak gubernur sangat perhatian besar untuk diselesaikan. Di dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) reguler kita sudah programkan semua. Namun karena covid, sebagian anggaran yang direfocusing. Makanya, ada beberapa proyek yang dipending. Jadi, cuman jembatan penghubung,” jelasnya.

Tidak hanya jembatan, pihaknya berencana kembali melanjutkan penyelesaian pendesterian atau trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Tahun ini, pengerjaannya ditunda sebagian lantaran anggarannya dialihkan untuk penanganan covid-19. “Kami berharap tahun depan kondisi sudah normal sehingga penataan kawasan Masjid Al Alam terus berlanjut,” ujarnya.

Sesuai target, pembangunan Masjid Al Alam akan dituntaskan tahun 2021. Untuk itulah, pemerintah terus membenahi fasilitas pendukung. Apalagi Masjid Al Alam akan menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan keagamaan. “Bila jembatan itu sudah terhubung, maka akan menjadi titik jalan keluar bagi pengunjung. Sehingga kawasan itu tidak akan macet, walaupun banyak kendaraan,” pungkasnya. (b/rah)

MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS
JEMBATAN PENGHUBUNG: Akses jalur masuk Masjid Al-Alam dari arah RSUD Kendari belum rampung akibat pengerjaan jembatan penghubung belum terselesaikan. Proyek senilai Rp 18 miliar ini ditargetkan rampung Desember mendatang.

Jembatan Penghubung Masjid Al Alam
Anggaran Rp 18 Miliar
Ditargetkan Rampung Desember 2020

Penataan Kawasan Tahun 2020
-Trotoar bagi Pejalan Kaki
-Pelataran Masjid

-Fasilitas Pendukung akan terus Dibangun
-Ditata Jadi Ruang Terbuka Hijau
-Tata Landscape dan Area Parkiran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top