Atasi Murid Bosan Belajar PJJ, Guru Diminta Inovatif dan Kreatif


KENDARINEWS.CO.ID — Dalam penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, PPKM level 1 atau PPKM level 2 dapat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang dilaksanakan setiap hari, namun tetap dengan penyesuaian.

Sementara itu, untuk wilayah dengan PPKM level 3 dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di bawah 40 persen dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia di bawah 10 persen di tingkat kabupaten/kota, masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini juga berlaku untuk PPKM level 4.

Adapun, PJJ ini masih diberlakukan untuk menekan semakin meluasnya laju penularan virus di sekolah agar tidak terjadi klaster. Namun, dalam kegiatan belajar mengajar, perasaan jenuh dan bosan untuk mengikuti pembelajaran sering terjadi kepada siswa.

Ilustrasi

Data tersebut juga sama seperti hasil survei Media Survei Nasional pada September 2021. Diketahui bahwa sebanyak 23,9 persen responden menyatakan anak sudah mulai bosan belajar dirumah dan 17,5 persen responden lainnya mengatakan bahwa anak sudah sangat bosan.

Selain itu, 7 dari 10 siswa pun juga mengaku jarang belajar. Salah satu alasannya adalah siswa mengalami demotivasi karena sulit memahami pekerjaan rumah dan kurang mendapat bimbingan guru.

Oleh karena itu, agar dapat mengentaskan kehilangan kesempatan belajar ini, dibutuhkan cara khusus dari para guru untuk menjaga semangat dan motivasi belajar siswa saat mengikuti pembelajaran. Para guru perlu menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.

Untuk bisa menciptakan ruang pembelajaran yang efektif, guru dapat mengembangkan pembelajaran yang fleksibel, interaktif, kolaboratif serta mendukung kemandirian siswa. Tentunya hal tersebut harus tetap memperhatikan keinginan interaksi antar guru dan murid.

Maka, guru bisa mencoba menerapkan pembelajaran dengan unsur permainan agar siswa lebih tertarik untuk belajar. Guru juga dapat memanfaatkan berbagai platform dan media pembelajaran yang kreatif dalam mengajar.

Salah satu platform yang dapat digunakan adalah Brain Academy untuk membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih positif dan menyenangkan untuk siswa. Brain Academy sendiri merupakan sistem bimbingan belajar intensif online yang diajarkan oleh Master Teacher terbaik yang memungkinkan murid untuk bertukar pikiran saat live teaching dengan murid-murid lainnya.

Fitur-fitur yang disediakan dan diyakini dapat meningkatkan minat peserta didik untuk belajar. Fitur itu adalah, Star Champs yakni Fitur live teaching yang membantu siswa agar belajar lebih semangat. Siswa dapat mengumpulkan Golden Star dan Diamond Star untuk menjadi top leaderboard dan mendapatkan hadiah menarik dengan menjadi Student of The Month.

Selain itu, Kelas Pengembangan Diri. Kelas tambahan yang diadakan 1 kali per bulan secara live melalui zoom untuk menunjang keberhasilan siswa dalam belajar, meliputi strategi belajar, meningkatkan motivasi belajar, menjaga kesehatan mental serta persiapan untuk kehidupan kuliah dan karir.

Terakhir, fitur Live Teaching. Live Teaching di Brain Academy Online dengan Star Master Teacher yang punya energi level tinggi untuk mengajar dengan asyik yang membuat belajar di Brain Academy Online semakin nyaman dan efektif. (jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *