Konawe Selatan

ASN Harus Jaga Profesionalitas


KENDARINEWS.COM — Pasca libur hari lebaran Idul Fitri 1422 Hijriah, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga langsung memimpin apel bersama. Dikesempatan itu, Konsel-1 tersebut meminta aparaturnya untuk tetap menjunjung tinggi asas profesionalitas, netralitas, integritas, adil dan loyal kepada pimpinan sesuai semangat, makna, lambang dan panji Korpri.

“Sebagai ASN harus memiliki akhlak dan budi pekerti luhur dan bertanggung jawab dalam jalankan tugas pemerintahan serta pembangunan. Untuk itulah setiap tanggal 17 wajib memakai seragam Korpri, agar aparatur selalu ingat tupoksinya dalam bekerja,” ujar H. Surunuddin di hadapan ASN didampingi Wakilnya, Rasyid serta Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Sjarif Sajang. Ia menegaskan, aparatur negara memiliki aturan dan norma yang mengikat, baik dalam berperilaku, berbicara maupun menulis kalimat.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kanan) usai memimpin apel pagi dan bersilahturahmi bersama para aparaturnya
dalam suasana Idul Fitri.

“Setiap ada permasalahan yang dihadapi, khususnya dalam menjalankan tugas, ASN harus menyampaikan langsung ke pimpinannya secara bijak untuk dipecahkan bersama. Bukan dicurahkan melalui media sosial yang orang lain belum tentu paham duduk persoalan sebenarnya dan menimbulkan opini menyesatkan.

Ia juga menyinggung aparatur yang kerap asal mengkritik pemerintah di Medsos, termasuk jarang berkantor dan tidak loyal terhadap atasan. “Kita sayangkan ada ASN kerap curhat ke publik melalui medsos terkait pemerintahan. Padahal dia malas berkantor dan tidak loyal pada pimpinan. Seharusnya bagaimana menunjukan sikap mental, tekad, disiplin, etos kerja dan budaya profesionalisme dalam bekerja. Aparatur yang jiwanya tidak disiplin dan tak menunjukan kesetiakawanan bekerja, maka akan kita mutasi. Jika tidak mau, silahkan buat permohonan pindah ke daerah lain,” tegas bupati dua periode tersebut. Dikesempatan itu juga, mantan Ketua DPRD Konsel tersebut mengungkapkan, salah satu program kerja lima tahun ke depan adalah peningkatan sumber daya manusia yang diawali pada aparaturnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top