Metro Kendari

Area Parkir dan Mall Pelayanan Ditarget Rampung Tahun Ini


KENDARINEWS.COM — Pembangunan Balai Kota Kendari terus berlanjut. Hingga kini, progres mega proyek ini sudah mencapai 30 persen. Proyek monumental ini diharapkan bisa menopang kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga metro.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj Nahwa Umar menyambut baik progres pembangunan balai kota. Menurutnya, capaian yang ada sangat positif karena dibangun di tengah keterbatasan anggaran akibat Pandemi Covid-19. Dia yakin, balai kota utamanya gedung parkir dan gedung podium bisa rampung tahun ini.

“Mudah-mudahan segera rampung. Karena pada 17 Agustus nanti, kami berencana akan memakai lapangan serta parkirannya sebagai lokasi upacara Kemerdekaan,” kata Nahwa Umar usai memantau pembangunan Balai Kota Kendari, kemarin.

Sekot Kendari, Nahwa Umar (depan, kiri) bersama jajaran Dinas PUPR Kota Kendari memantau pembangunan Balai Kota Kendari, kemarin. Nahwa berharap bagian utama gedung bisa segera rampung

Meski dikejar dealine pekerjaan, Jenderal ASN ini meminta pekerja mengutamakan profesionalitas dan kualitas dalam bekerja sehingga bangunan yang dihasilkan sesuai spesifikasi dan perencanaan.

Senada, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi progres balai kota saat ini. Ia mengaku tengah mengebut pengerjaannya. Itu dilakukan lantaran pembangunannya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Akibat recofussing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 Kota Kendari sehingga berdampak pada penganggarannya.

Kendati demikian, Sulkarnain optimis bisa merampungkan pembangunannya sehingga gedung balai kota bisa digunakan tahun ini, “Paling tidak nanti (akhir 2021) Mall Pelayanan (gedung podium) sudah bisa kita fungsikan sehingga bisa melayani masyarakat yang ingin berurusan dengan pemerintah,” tuturnya.

Terpisah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kendari Aswido mengungkapkan, Balai Kota Kendari terdiri dari tiga bagian utama, yakni Gedung Parkir, Podium dan Tower. Sejauh ini, pihaknya tengah menggenjot pembangunan gedung parkir dan podium. Pasalnya, dua bagian itu akan segera digunakan pada akhir tahun ini.

Gedung Parkir terdiri atas tiga lantai, rinciannya dua lantai basement untuk parkiran yang bisa menampung 207 mobil, 1 lantai dasar untuk area komersil dan perpustakaan serta parkiran yang bisa menampung sekira 18 mobil dan 677 unit motor. Sementara bagian roof top gedung parkir bakal dijadikan sebagai tempat upacara.

Sementara untuk podium terdiri dari lima lantai. Lantai dasar bakal digunakan sebagai mall pelayanan. Sisanya sekira 4 lantai diperuntukan sebagai sekretariat Pemkot Kendari yang meliputi ruang kerja Wali Kota dan perangkatnya. “Kalau tower nya juga akan kita rampungkan setelah dua bagian utama kita selesaikan. Intinya semuanya akan tuntas tahun depan (2022),” kata Aswido. (b/ags)

Proyek Balai Kota Kendari
Anggaran Rp 250 Miliar
Pembiayaan Multi Years

Tahap I Pembangunan Gedung Parkir dan Podium Rp 57 miliar
Tahap II Perampungan Gedung Parkir, Podium Plus Interior Rp 80 Miliar
Tahap III Pembangunan Tower 9 Lantai Rp 133 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top