Antisipasi Pergerakan Masyarakat Jelang Lebaran, BPTD Sultra Buat Posko Tiap Pintu Masuk

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Kendati pemerintah telah melarang mudik lebaran, namun pemangku kebijakan angkutan umum di Sultra tetap melakukan berbagai persiapan menyambut momentum besar ini. Pasalnya, pergerakan masyarakat selama Ramadan dan jelang Idul Fitri diperkirakan tetap meningkat. Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan terus memastikan kesiapan sarana dan prasarana angkutan. Diantaranya, melakukan pemeriksaan teknis laik laut dan laik jalan. Dengan inspeksi keselamatan atau ramp chek. Inspeksi ini nantinya dilakukan pemeriksaan atau pengujian teknis kendaraan dan administrasi pengemudi dan kendaraan.

“Selain itu, kami juga memberikan pengarahan bagi pemilik dan pengemudi kendaraan terkait kelengkapan yang wajib ada di mobil angkutan, perizinan yang memadai dan harus dilengkapi. Pemerintah telah melarang mudik, tapi kita harus tetap bersiap mengantisipasi pergerakan masyarakat yang menggunakan angkutan,” kata Benny saat rapat koordinasi kesiapan angkutan lebaran tahun 2021 di Kantor BPTD Wilayah XVIII Sultra, Rabu (31/3).

Sebagai wilayah kepulauan, penyebrangan adalah urat nadi pergerakannya. Berkaca dari kondisi hari ini, pihaknya memastikan angkutan lebaran tahun 2021 benar-benar siap. Di pelabuhan penyeberangan Kolaka – Bajoe sudah siap delapan kapal. Selanjutnya penyeberangan Tobaku-Siwa siap tiga kapal. “Begitu pula kesiapan di moda transportasi lain, kita pastikan semuanya siap. Namun tetap harus dilakukan pemeriksaan kembali,” ujarnya.

Keselamatan kata dia, merjadi prioritas penyelenggaraan transportasi. Oleh karena itu, pihaknya sangat serius mengedepankan faktor keselamatan. Berbagai aksi dan regulasi dijalankan demi terwujudnya transportasi yang berkeselamatan. Makanya di setiap pintu, keluar masuk angkutan di wilayah Sultra akan didirikan posko dan masih akan dipetakan. “Dalam situasi pandemi, setiap masyarakat yang melewati jalur jalur tersebut akan diperiksa,” terangnya.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sultra, AKBP Jarwadi mengatakan telah melakukan berbagai persiapan termasuk pergerakan warga yang keluar masuk Sultra. Belajar dari pengalaman tahun lalu, pihaknya tetap melakukan operasi dan memastikan lalu-lintas di Sultra berjalan aman dan lancar. “Kami tetap akan menjaga dan mengantisipasi melalui Operasi Ketupat. Polri terus mengupayakan agar ketertiban masyarakat bisa berjalan dengan baik. Tujuannya mengantisipasi dan menjaga ketertiban berlalu lintas,” ungkapnya. (b/ndi)

Kesiapan BTPD Hadapi Lebaran 2021
-Pemeriksaan Teknis Laik Laut dan Laik Jalan
-Inspeksi Keselamatan atau Ramp Chek
-Pantau Area Penyeberangan
-Buka Posko Tiap Pintu Masuk
-Koordinasi dengan Polda Terkait “Operasi Ketupat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *