Kolaka Timur

Antisipasi Pencemaran Limbah di Koltim, DLH Siapkan 200 Tong Sampah

KENDARINEWS.COM — Sebanyak 200 unit tong sampah diadakan untuk mengantisipasi pencemaran limbah di Kolaka Timur (Koltim). Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memplot anggaraan pengadaan melalui dana alokasi umum (DAU). Kepala DLH Koltim, Sawal Sarifudin, menyampaikan, tahun ini, anggaran Rp 150 juta dialokasikan untuk pengadaan tong sampah yang dibuat dari material drum.

Mantan Camat Aere tersebut menuturkan, ratusan tong sampah akan dialokasikan dan menjadi skala prioritas pada daerah lokus stunting. “Anggaran sudah siap, tinggal pengadaan belum jalan. Karena anggaran tidak cukup besar, maka pengadaannya dilakukan penunjukan langsung. Kalau sudah siap segela dokumennya akan diadakan sesuai aturan yang berlaku,” kata Sawal, Senin (5/4).

Ia menambahkan, sisa tong sampah akan disalurkan pada tempat ibadah dan area publik lainnya yang dianggap layak mendapat bantuan. Mekanismenya, harus mengajukan permohonan pada pihak DLH Koltim. Sawal berharap, bantuan tong sampah tersebut bermanfaat untuk mengatasi kebersihan lingkungan. “Upaya kita mengatasi sampah agar teratur sejak dini. Kebersihan adalah pangkal dari iman. Makanya kebersihan sangat penting agar masyarakat sehat,” tandasnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top