Kolaka

Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkab Kolaka Gagas Operasi Pasar


KENDARINEWS.COM — Jelang perayaan natal dan tahun baru, kebutuhan konsumsi warga pada sembilan bahan pokok (Sembako) biasanya meningkat. Dengan bertambahnya permintaan setiap jelang hari raya tersebut, maka harga Sembako biasanya ikut meningkat drastis. Agar hal itu tidak terjadi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah menyiapkan langkah antisipasi.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kolaka, Kamal Arif, mengungkapkan, saat ini harga sembako pada sejumlah pasar di Bumi Mekongga memang masih terpantau normal. Meskipun demikian, pihaknya akan tetap melakukan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya lonjakan harga jelang hari raya natal dan tahun baru. “Setiap pekan Kami selalu turun ke pasar untuk memantau harga Sembako. Untuk saat ini memang harganya masih normal. Tapi, kami sudah siapkan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya lonjakan harga. Salah satunya yaitu dengan operasi pasar,” ungkapnya saat ditemui Kamis (26/11).

Kamal Arif

Menurut Kamal, operasi pasar sangat efektif untuk mencegah terjadinya lonjakan harga Sembako jelang hari raya. Sebab, dalam kegiatan tersebut pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menjual sembako dengan harga yang jauh lebih murah. Pihaknya belum dapat menentukan, kapan dan di mana saja operasi pasar tersebut nanti digelar. “Waktu dan tempatnya belum ditentukan. Sebab, kami masih mau melakukan koordinasi terlebih dahulu agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan sukses,” tandas Kamal. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top