Antisipasi Lonjakan Harga, Disperindag Gelar Pasar Murah

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra bakal menggelar pasar murah jelang Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah. Rencananya, pasar murah bakal dilaksanakan pada H-7 lebaran. Pasar murah diharapkan bisa mengakomodir tingginya permintaan bahan pangan masyarakat jelang hari raya. Kepala Disperindag Sultra Hj.Sitti Saleha mengatakan pasar murah dilaksanakan dalam rangka mengakomodir tingginya permintaan masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok jelang hari raya idul fitri Mei mendatang. “Jelang hari raya itu kebutuhan masyarakat meningkat. Jadi kita coba urai kepadatan yang ada di pasar maupun di ritel modern. Apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini,” kata Sitti Saleha.

Di sisi lain, pelaksanaan pasar murah juga untuk menjaga keterjangkauan dan daya beli masyarakat pada sejumlah komoditas pangan untuk hari raya. Sitti Saleha tak menampik jika menjelang hari raya harga-harga kebutuhan berpotensi melonjak. “Ini yang kita coba antisipasi agar tidak terjadi. Agar masyarakat khususnya mereka yang memiliki ekonomi menengah kebawah juga bisa memenuhi kebutuhannya seperti beras, tepung terigu, gula pasir, minyak goreng, gas elpiji ukuran 3kg dan kebutuhan lainnya,” ungkapnya.

Terkait teknis pelaksanaannya, pihaknya bersama beberapa distributor penyedia bahan pangan tengah berdiskusi untuk menentukan lokasi dan waktu yang tepat untuk memulai kegiatan. Yang jelasnya, pelaksanaan tetap mengacu pada protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman (Physical Distancing). “Kami berharap BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bisa berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan ini. Selain karena sifatnya rutin, kegiatan ini juga untuk kepentingan masyarakat,” kata Hj.Sitti Saleha. (c/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *