Hukum & Kriminal

Antisipasi Karhutla, Pos Emergency Disiagakan

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ranteangin di depan Pos Emergency yang didirikan untuk mencegah terjadinya bencana serta kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. FOTO : MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS

KENDARINEWS.COM–Sebelum memasuki musim kemarau, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Ranteangin di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah siaga sedini mungkin. Mereka menyiapkan Pos Emergency untuk menghadapi kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya. Bukan hanya di darat, kepolisian setempat juga mempersiapkan peralatan evakuasi ketika ada musibah yang terjadi di laut.

Kapolsek Ranteangin, Ipda Agustian Rante Parabang, mengatakan, Posko Emergency itu didirikan di Desa Rante Baru atau bertempat di areal halaman rumah Bhabinkamtibmas setempat. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat langkah penindakan jika terjadi musibah di darat maupun laut. “Kalau ada kejadian baik kebakaran, mobil terbalik, pohon tumbang maupun evakuasi di laut, masayarakat bisa langsung menghubungi Bhabinkamtibmas atau datang ke Posko mengambil peralatan,” tutur Agustian, Selasa (8/6).

Peralatan yang dilengkapi di Posko tersebut antara lain pelampung, katrol penarik, peralatan pemadam, jas hujan, rambu pengatur lalu lintas, mesin penyemprot air dan pemotong (chain saw), skop serta lainnya. Secara umum, peralatan itu untuk mendukung pencegahan kebakaran rumah, pohon tumbang, kecelakaan dan pengaturan lalu lintas hingga evakuasi di laut. “Motivasi menyiapkan pos emergency tersebut berdasarkan rekam peristiwa yang kerap terjadi di wilayah hukum kami. Kendala peralatan itu yang kerap kami dan masyarakat bingung mau cari atau pinjam di mana,” paparnya.

Kapolsek berharap dengan adanya Pos Emergency itu bisa membantu masyarakat bergerak dan bertindak lebih cepat. Tempat itu stand by 1×24 jam dan siap digunakan siapa pun yang membutuhkan. “Untuk kasus kebakaran misalnya, warga dapat langsung ke Posko saja, ada mesin pemadam dan penyemprot. Tapi bisa menghubungi pihak Polsek maupun Bhabinkamtibmas,” pungkas Agustian. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top