Metro Kendari

Antisipasi Antrian di Kantor, Bapenda Sultra Siapkan Samsat Drive Thru

KENDARINEWS.COM — Satu lagi inovasi yang diciptakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra. Setelah layanan berbasis IT berupa Info Pajak, kini giliran Samsat Drive Thru. Berbagai terobosan dan layanan ini tak lain untuk mempermudah warga membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Kepala Bapenda Sultra, Yusuf Mundu mengaku terpacu untuk terus berinovasi dalam meningkatkan penerimaan daerah. Untuk itulah, pihaknya membuka loket baru. Tidak hanya mengantisipasi antrian di kantor Samsat, namun juga mempermudah pembayaran. Salah satunya layanan Samsat Drive Thru.

Bapenda Sultra kembali meluncurkan inovasi layanan. Kali ini, Bapenda akan segera melaunching layanan Samsat Drive Thru. Tampak loket layanan Samsat Drive Thru di pelataran MTQ Square Kendari.

“Kami sudah melakukan berbagai kemudahan pembayaran PKB. Sebelumnya, ada Samsat Keliling, aplikasi info pajak dan sekarang kita bakal melaunching Samsat Drive thru. Alhamdulillah satu demi satu inovasi dapat kita terapkan dengan sangat baik untuk para wajib pajak, ” jelasnya.

Penataan interior Samsat Drive Thru kata dia, telah dilakukan sejak awal Juni. Kini mulai tuntas satu persatu. Perlahan tapi pasti, sesuai rencana dalam pertengahan tahun ini bakal segera dilaunching Samsat Drive Thru. Melalui Samsat Drive Thru wajib pajak hanya memerlukan waktu paling lama enam menit saja pelayanan sudah harus selesai. Tentu, sangat singkat dan tidak harus berlama-lama antre.

“Layanan ini merupakan inovasi baru sebagai alternatif tempat pembayaran pajak kendaraan yang aman bagi masyarakat maupun bagi petugas pelayanan Samsat, terutama di tengah pandemi Covid-19. Sebab dengan Drive Thru pelayanan bisa lebih mudah, cepat dan modern. Cukup 6 menit pelayanan pembayaran pajak tuntas, “bebernya.

Samsat Drive Thru, kata Yusuf merupakan inovasi Bapenda bekerjasama dengan kepolisian, jasa raharja dan Bank Sultra. Dimana ini merupakan model layanan terbaru dengan memanjakan wajib pajak tanpa harus turun dari kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

“Anggaran layanan ini tidak berasal dari APBD melainkan dengan mengandalkan CSR dari stakeholders Samsat. Lokasinya disekitar MTQ, tepatnya di depan samsat kota. Dengan pelayanan pajak ini, kita tidak perlu turun lagi dari kendaraan. Semoga kedepan lebih banyak lagi inovasi yang kita lakukan, “pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top