Metro Kendari

Anomali Suhu Muka Laut Picu Curah Hujan


KENDARINEWS.COM — Cuaca di wilayah Kota Kendari dan sebagian besar Sultra beberapa kedepan kurang bersahabat. Curah hujan dengan kategori sedang hingga tinggi diprediksi akan mengguyur wilayah Sultra. Bedasarkan pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi ini disebabkan anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra. Fenomena alam ini memicu meningkatkan potensi penguapan.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan indeks labilitas skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra menjadi faktor yang meningkatkan potensi pembentukan awan hujan. Anomali suhu muka laut menyebabkan memicu pembentukan massa udara basah lapisan rendah.

Kondisi ini kata dia, telah dimulai awal Juni 2021. Umumnya, wilayah Sultra mulai mengalami peningkatan curah khususnya di wilayah Buton Utara, dan Buton mengalami curah hujan dengan kategori tinggi 151 – 200 mm per dasarian. Sementara Kota Kendari dan daerah lainnya berada di kategori rendah 0 – 50 mm per dasarian dan menengah 51 – 150 mm per dasarian. Di pertengahan Juni, sebagian besar wilayah Sultra masih mengalami hujan sedang hingga lebat.

“Akhir Juni ini diperkirakan hampir seluruh wilayah Sultra berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori menengah atau 51-150 mm per dasarian. Namun ada beberapa daerah ang diperkirakan mengalami curah hujan kategori rendah. Diantaranya, Kendari, Bombana, Kolaka dan sejumlah wilayah kepulauan,” jelasnya kemarin.

Peningkatan curah hujan ini lanjutnya, berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, longsor, genangan, guntur, angin kencang dan lain sebagainya. “Karena belum memasuki musim kemarau, kita perlu waspada akan potensi bencana hidrometeorologi. Terutama beberapa daerah yang diprediksi terjadi hujan sedang sampai lebat. Pastikan update informasi cuaca atau iklim yang di dapatkan dari sumber terpercaya di akun-akun resmi BMKG,” ujarnya mengingatkan. (b/rah)

Prediksi Cuaca Juni 2021

  1. Kategori Rendah-Menengah
    -Kota Kendari
  2. Kategori Menengah-Tinggi
    -Buton Utara (Buton)
    -Buton
    -Kolaka Utara (Kolut)
    -Kolaka

Potensi Bencana Hidrometeorologi
-Banjir Bandang dan Genangan Air
-Longsor
-Angin Kencang
-Petir dan Guntur

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top