Politik

Anggota Bawaslu Konawe Diperiksa DKPP

KENDARINEWS.COM — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Bawaslu Konawe Indra Eka Putra, secara virtual. Sidang perkara bernomor 3-PKE-DKPP/I/2021 itu dipimpin oleh Dr. Ida Budhiati bersama Al Munardin (KPU Sultra), Siti Munadarma (Bawaslu Sultra) dan Hidayatullah sebagai anggota majelis Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Sultra.

Indra Eka Putra dilaporkan oleh Jaswanto Jahuddin atas dugaan merangkap jabatan sebagai advisor PT Muda Prima Insan (MPI). Indra Eka Putra membantah dalil Jaswanto. Ia mengatakan yang dimaksud sebagai advisor dalam potongan video yang dijadikan tersebut adalah orang yang menasehati perusahaan. Sesuai dengan arti etimologinya dari kata advise yaitu menasehati.

“Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab moril saya di lingkungan keluarga, untuk tidak membiarkan potensi konflik terjadi akibat kehadiran investasi di tengah-tengah masyarakat,” kata Indra Eka Putra. Anggota Bawaslu Konawe itu menegaskan tuduhan tentang dirinya bekerja di PT MPI hanyalah mengada-ngada. Faktanya dalam struktur organisasi perusahaan, tidak ada jabatan advisor.

Sebelumnya, Jaswanto bercerita pada kawasan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. MPI diprotes oleh warga, Sabtu 31 Oktober 2020 lalu. Mereka menuntut kejelasan hak atas tanah terkait adanya aktivitas pertambangan yang dilakukan perusahaan di atas lahan masyarakat Kecamatan Besulutu. Saat pihak perusahaam menemui warga, tiba tiba Indra Eka Putra mengambil alih pembicaraan dan bertindak sebagai perwakilan perusahaan.

“Saat masyarakat mempertanyakan alasan Indra Eka Putra berbicara atas nama perusahaan. Ia mengaku sebagai advisor perusahaan,” kata Jaswanto Jahuddin dalam keterangannya.

Indra Eka Putra, kata dia, diduga melanggar Undang Undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Pada pasal 15 huruf N yang berbunyi “bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih”.
(ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top