Wakatobi

Anggaran Pilkades di Wakatobi Diusul Masuk APBD 2021


KEDNARINEWS.COM – – Selain karena situasi pandemi Covid-19 yang belum tertangani dengan baik, kesiapan anggaran pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wakatobi yang belum memadai, menjadi alasan lain sehingga pesta demokrasi itu tak dihelat tahun ini. Pasalnya, selain dialihkan untuk penanganan virus corona, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi tak mengusulkan dana kegiatan Pilkades dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBDP).

Apalagi waktu untuk memulai tahapan dinilai kian dekat dan ditambah lagi Wakatobi tahun ini termasuk salah satu daerah yang menghelat pemilihan bupati dan wakil bupati. Sehingga untuk pemilihan 45 desa diundur hingga tahun 2021 mendatang. Kepala DP3APMD Wakatobi, H. La Ode Husnan, menuturkan, pihaknya baru akan mengusulkan anggaran Pilkades serentak pada APBD induk tahun 2021. Sehingga desa yang sebelumnya melaksanakan Pilkades sebanyak 44 wilayah akan bertambah menjadi 45, termasuk Desa Posalu di Kecamatan Wangi-Wangi.

Mengenai anggaran, Husnan mengaku kemungkinan besar estimasinya akan sama dengan sebelumnya, lebih dari Rp 1 miliar. “Nanti kita akan lihat. Tapi tidak akan beda jauh, apalagi tambahannya hanya satu desa,” jelasnya, Selasa (21/10). Anggaran Pilkades 44 desa yang sebelumnya dialokasikan melalui APBD tahun 2020 menurut Husnan, sudah habis untuk penanganan Covid-19.
Sekadar diketahui, masa jabatan Kades Posalu akan berakhir pada Januari tahun 2021. Sehingga pada saat itu juga baru akan diganti dengan pelaksana tugas (Plt). Sementara puluhan desa lainnya yang akan menghelat pilkades sejauh ini telah diisi Plt Kades. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top