Kolaka

Anggaran Minim, Warga Diminta Rawat Drainase

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui instansi terkait telah membangun drainase pada sejumlah wilayah di Bumi Mekongga. Sayangnya, drainase yang dibangun tersebut ada yang tidak terpelihara sehingga tak berfungsi dengan baik. “Sudah banyak drainase yang kami bangun. Tapi karena tidak dipelihara dan dibiarkan sampah menumpuk, maka ketika hujan turun air yang masuk tidak mengalir tetapi tersumbat dan meluap,” ungkap Asisten I Setkab Kolaka, H. Muhmmad Bakri saat merespon usulan salah seorang warga pada Musrenbang tingkat Kecamatan Wundulako, Selasa (16/2).

Menurut Bakri, penyebab tidak berfungsinya drainase tersebut karena perilaku gotong-royong yang sudah mulai menurun. Untuk itu ia meminta agar kegiatan seperti itu kembali dihidupkan. “Seharusnya warga yang sudah dibangunkan drainase itu secara rutin bergotong-royong membersihkan supaya tidak tersumbat. Dan jangan tunggu petugas dari Dinas Kebersihan lagi untuk membersihkannya,” pesannya.

Bakri mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini maka program pembangunan terbatas. Sebab, banyak anggaran pembangunan yang dialihkan untuk penanganan wabah virus corona. “Jadi kami minta agar saluran air yang telah dibangun itu dipelihara dengan baik. Dengan anggaran yang tersedia saat maka negara juga tidak akan mampu mengakomodir seluruh usulan. Olehnya itu, yang diusulkan pada Musrenbang adalah yang benar-benar skala prioritas,” pungkasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top