Bau-bau

Anggaran Lelang Siap, Tunggu Instruksi Wali Kota


KENDARINEWS.COM — Pimpinan definitif pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Baubau mengalami kekosongan. Saat ini pucuk pimpinan diambil alih dan dijalankan Pelaksana Tugas (Plt). Meskipun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengaku memiliki alokasi anggaran untuk pelaksanaan lelang, namun semua belum dapat dilakukan. Itu karena BKPSDM masih menunggu instruksi Wali Kota Baubau, AS Tamrin.

“Iya. Kita sudah siapkan anggarannya. Berapa jumlahnya saya kurang hafal, tapi sudah ada. Jika pejabat pembina kepegawaian memerintahkan segera buka (lelang jabatan), kita sudah siapkan,” kata Kepala BKPSDM Kota Baubau, Abdul Rahman.
Sesuai data, jumlah OPD yang dipimpin Plt sebanyak lima instansi. Masing-masing Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD), Dinas Kominfo, Asisten III, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Koperasi dan UMKM. “Jabatan Plt ini minimal setahun. Bahkan tiga bulan sudah bisa ditinjau kembali. Dari lima OPD itu yang paling lama dijabat Plt adalah Dinas Koperasi,” sebutnya.

Lanjut Abdul Rahman, lelang jabatan pimpinan OPD dapat dilakukan secara terbuka se Sulawesi Tenggara atau hanya pada lingkup Pemerintah Kota Baubau. Semua tergantung dari pimpinan daerah dalam hal ini Wali Kota Baubau. “Nantinya tetap akan kita akan umumkan. Tapi semua tergantung pimpinan. Karena tidak selamanya pengisian itu melalui seleksi terbuka (lelang jabatan). Ada juga rotasi mutasi. Artinya pengisiannya melalui rotasi. Misalnya diambilkan dari OPD lain yang sama-sama jabatan ekselon II,” sambung mantan Sekretaris BKPSDM Baubau itu.

Kursi pimpinan lima OPD yang ditujuk sebagai pejabat Plt rata-rata merupakan pejabat defenitif di dinas tertentu. Meski begitu, Abdul Rahman mengatakan itu bukan kategori rangkap jabatan. “Rangkap jabatan itu misalnya, seperti dokter yang juga menjadi Kepala Puskesmas. Artinya selain jabatannya sebagai dokter juga sebagai Kepala Puskesmas. Sekarang sudah tidak dibolehkan lagi. Kalau mereka itu (Plt) dalam SK nya hanya melaksanakan tugas, karena kosong. Jadi, kita tidak lihat ini sebagai rangkap jabatan,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top