Kolaka

Anggaran Kesehatan Besar, Kasus Gizi Buruk Harus Jadi Perhatian

Syaifullah Halik

KENDARINEWS.COM– Desakan pada pihak terkait agar segera menuntaskan enam kasus gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Kolaka dilontarkan Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik. Legislator Partai Gerindra tersebut meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat secepatnya menyelesaikan persoalan tersebut.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua. Sehingga penting kiranya Pemkab dalam hal ini Dinkes Kolaka untuk terus memberikan edukasi pada masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat,” pintanya, Selasa (15/6). Syaifullah menambahkan, agar kasus gizi buruk tidak meningkat, maka pihaknya menyarankan pada pemerintah untuk melakukan pendampingan atau pemantauan kondisi fisik serta lingkungan masyarakat, khususnya bagi ibu hamil.

“Jadi pencegahan itu dilakukan sejak anak tersebut masih dalam rahim ibunya,” tambah Syaifullah. Menurutnya, tak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak melakukan upaya pencegahan gizi buruk. Sebab kata dia, kesehatan merupakan salah satu sektor paling besar dalam menyerap anggaran. “Jadi ini harus menjadi perhatian serius. Minimal kasus gizi buruk ini tidak meningkat,” harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terdapat enam kasus gizi buruk di Bumi Mekongga. Temuan itu berada pada empat kecamatan yaitu Watubangga dua kasus, Wundulako dua kasus, serta Polinggona dan Latambaga masing-masing satu kasus. Pemerintah telah melakukan intervensi untuk mengatasi persoalan tersebut. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top