Wakatobi

Anggaran Dihentikan, Festival Pulau di Wakatobi tak Dihelat Lagi

KENDARINEWS.COM — Saat ini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) terus mempersiapkan proposal helatan event Wakatobi Wave 2021 untuk dipresentasekan agar masuk dalam kalender Nusantara. Efek pandemi Covid-19 yang belum juga usai membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi memilih meminimalisir kegiatan yang sifatnya menimbulkan massa banyak. Termasuk agenda Festival Pulau tahun ini yang dipastikan belum akan dihelat.

Kepala Disparekraf Wakatobi, Nadar, membenarkan, untuk sementara pihaknya masih fokus pada event Wakatobi Wave. Itupun masih belum ditentukan apakah masuk dalam Kalender Event Nusantara atau tidak. Sementara kegiatan festival di pulau-pulau yang telah dimulai sejak tahun 2015, terpaksa tidak diadakan tahun ini. “Sama dengan tahun lalu, Festival Barata Kahedua (Kaledupa), Festival Pulau Tomia hingga Festival Pulau Tukang Besi (Binongko) belum bisa diselenggarakan pada 2021 ini,” ungkap Nadar, Kamis (25/3).

Selain harus melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19, anggaran kegiatan tersebut juga dihentikan. Jika tahun ini kegiatan tersebut tak terealisasi maka ini merupakan kali keduanya agenda Festival Pulau tidak terlaksana di Wakatobi. “Tahun ini, satu-satunya diproyeksi hanya Wakatobi Wave, selebihnya belum,” tandas Nadar. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top