Metro Kendari

Anggaran Covid-19 Tahun Depan Diproyeksi Rp 30 Miliar

KENDARINEWS.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari memastikan bakal kembali menganggarkan dana penanganan Coronavirus disease (Covid-19) tahun 2021. Adapun besarannya sekira Rp 30 miliar. Jika dibandingkan 2020 sebesar Rp 51 miliar, anggaran penanganan Covid-19 mengalami penurunan.

Ketua DPRD Kendari H. Subhan mengatakan dewan bersama Pemkot Kendari tetap akan mengalokasikan anggaran untuk penaganan Covid-19 mengingat wabah Covid-19 tidak ditahu pasti kapan akan berakhir. “Pengalokasian sudah dibahas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), yang bersumber dari dana cadangan APBD 2021,” ujarnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, turunnya jumlah anggaran Covid-19 tahun 2021 diakibatkan kondisi keuangan daerah yang juga ikut terpengaruh karena Covid-19. Sehingga pemerintah dan DPRD sepakat untuk menurunkan anggaran tersebut. “Tidak bisa kita pungkiri, Covid-19 ikut mempengaruhi pendapatan daerah, sehingga yang tadinya pendapatan kita tahun 2021 mencapai Rp 1,6 triliun, ditahun 2021 mengalami penurunan tinggal 1,5 triliun. Itulah salah satu penyebab anggaran Covid-19 turun,” ujar Subhan.

Dengan alokasi anggaran yang terbatas, ia berharap bisa dimanfaatkan untuk penaganan Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. “Mudah-mudahan bisa kita maksimalkan. Kalaupun juga pandemi tahun depan berakhir, itu tentu doa kita semua. Maka dana itu bisa kita gunakan dengan alokasi pengunaan anggran yang lain,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top