Aneka

Amalan Sunnah Bulan Muharram Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

KENDARINEWS.COM– Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam, tahun 2021 ini tepat jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbanyak amalan di bulan ini.

Adapun amalan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW dilakukan pada bulan muharram atau tahun baru islam diantaranya adalah berdoa dan puasa.

Dengan melaksanakan amalan doa awal tahun, umat Islam dapat mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan selama setahun. Selain iu, juga sebagai sarana untuk meminta pertolongan Allah SWT dalam menghadapi tahun yang baru. Demikian juga dengan berpuasa.

Berikut puasa sunnah yang dianjurkan dilakukan pada bulan Muharram.

1. Puasa Tasu’a

Puasa Tasu’a merupakan puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram. Nabi Muhammad menganjurkan amalan sunnah ini sebagai pembeda ummat Islam dengan pemeluk agama Yahudi. 

2. Puasa Asyuro

Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram, dengan melaksanakan amalan sunnah puasa Asyuro ini ummat Islam akan mendapatkan keutamaan.

Keutamaan yang didapatkan dengan melaksanakan amalan atau ibadah ini sangat baik. Dengan melaksanakan puasa Asyuro, dapat menjadi penghapus dosa yang dilakukan selama satu tahun yang lalu.

3. Puasa pada 11 Muharram

Puasa pada 11 Muharram. Keutamaan yang dimiliki oleh amalan ini sama seperti puasa tasu’a yaitu sebagai tanda pembeda dengan ummat Yahudi.

Ketiga puasa tersebut dapat dilaksanakan dengan tata cara puasa seperti yang lainya. Seperti membaca niat pada malam hari, makan sahur, menahan nafsu sepanjang hari, mensegerakan berbuka puasa.

Itulah amalanamalan sunnah yang dianjurkan dilakukan pada bulan Muharram. Mulai dari doa awal tahun hingga puasa Asyuro.*** (kn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top