Buton Tengah

Alokasi Beasiswa Samatau Capai Rp 750 Juta

KENDARINEWS.COM — Masyarakat Buton Tengah (Buteng), khususnya mahasiswa yang sementara melaksanakan studi di Perguruan Tinggi (PT) dapat menerima bantuan pendidikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Rp 750 juga dialokasikan untuk program beasiswa Samahuddin-La Ntau (Samatau) tersebut. Program Samatau tersebut memang menjadi prioritas Bupati Buteng, H. Samahuddin bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Kebijakan itu juga dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) daerah di bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Buteng, Abdullah, menjelaskan, melalui pembahasan APBD Perubahan 2020, disepakati anggaran beasiswa mencapai Rp 750 juta. “Masing-masing dibagi menjadi dua formasi. Rp 450 juta disiapkan untuk beasiswa mahasiswa kurang mampu. Sedangkan Rp 300 juta bagi mereka yang berprestasi. Untuk kriteria penerima beasiswa sudah diatur dalam Peraturan Bupati nomor 44 tahun 2019. Itu diperuntungkan bagi putra putri Buteng yang dibuktikan KTP dan kartu keluarga,” jelas Abdullah, Minggu (25/10).

Ia menambahkan, dalam pengurusan beasiswa Samatau, ada perbedaan proses administrasinya. “Misalnya, yang kurang mampu harus memiliki kartu mahasiswa dan basis data di Kemensos, surat keterangan dari kelurahan atau desa setempat. Sedangkan beasiswa prestasi, harus memiliki kartu mahasiswa dan IPK standar 3,2 serta akreditasi kampus minimal B,” papar Abdullah.

Ditambahkannya, Beasiswa Samatau diperuntungkan bagi semua jenjang mulai strata satu hingga tiga (doktor). Ia berharap, program beasiswa Samatau bisa memberikan dukungan pada mahasiswa untuk lebih proaktif dan bersungguh-sungguh dalam belajar. “Harapan kami dengan adanya beasiswa Samatau bisa memberikan efek baik bagi perkembangan pendidikan di daerah, sehingga bisa melahirkan anak berprestasi dan membanggakan daerah,” tutupnya. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top