Sulawesi Tenggara

Ali Mazi Minta Pelaku Pembakaran Hutan Ditindak Tegas

KENDARINEWS.COM — Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, memimpin apel kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kolaka Timur. Kegiatan tersebut dihadiri Plt. Bupati Koltim, Hj. Andi Merya Nur, Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan jajaran Forkompimda di daerah ini. Dalam kesempatan itu, Ali Mazi menyampaikan, Koltim memiliki karakteris lahan gambut yang mudah terbakar seperti lahan di Rawa Tinondo. Selain itu, juga di Kabupaten Bombana yang kawasannya juga rentan terbakar.

“Apel Karhutla sangat penting untuk mengecek kesiapan penanganan dalam menyelesaikan pemasalahan secara nasional. Apalagi efek dari Karhutla sangat berdampak buruk pada sektir ekonomi dan sosial. Kesehatan juga terganggu. Sehingga penanganan Karhutla adalah tanggung jawab bersama,” papar Ali Mazi. Sesuai informasi Badan Meteorologi Klimatologi Geografis (BMKG), kemarau akan lebih panjang pada tahun tahun 2021 ini. Sehingga menurut Ali Mazi, kebakaran hutan dan lahan lebih akan mudah terbakar.

“Kita harus bersinergi, mulai pusat hingga daerah dan masyarakat. Penanganan Karhutla merupakan agenda nasional dalam pengendalian hutan dan lahan. Polri, TNI, perusahaan dan masyarakat serta stakeholder harus bergandengan tangan menangani Karhutla ini. Kita sudah petakan Karhutla di Koltim, Bombana, Konsel, Konawe, Konut, Kolaka,” kata Ali Mazi. Ia juga menegaskan, para pelaku Karhutla supaya ditindak tegas agar memberi efek jera. “Polri harus lebih serius melakukan penindakan pada para pelaku Karhutla,” tantang gubernur. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top