Metro Kendari

Ali Mazi Dukung RUU Daerah Kepulauan

KENDARNEWS.COM — Gubernur Sultra menyambut positif Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan. Jika disahkan menjadi UU, Sultra akan diuntungkan. Selama ini, kebijakan pembangunan yang diterapkan di daerah kepulauan, seolah-olah disamakan dengan daerah daratan. Padahal pendekatan pembangunan berbeda.

“Sultra memiliki 650 pulau. Dari jumlah itu, sebanyak 530 pulau telah memiliki nama atau sebutan serta 80 pulau telah berpenghuni. Sebagai daerah kepulauan, Sultra amat berkepentingan dengan lahirnya undang-undang tersebut. Tentu kita dukung,” kata Ali Mazi kemarin.

Ali Mazi

Saat ini, Pemprov telah menyusun “grand desain” akselerasi pembangunan daratan dan lautan atau kepulauan. Untuk itulah, ia pun berharap pembahasan RUU Daerah Kepulauan bisa dapat segera dirampungkan. Apalagi rancangan tersebut sesungguhnya telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sultra 2018-2023. “Kami sangat berkepentingan dengan RUU tersebut. Jadi kita berharap ini bisa segera tuntas,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti menegaskan siap melanjutkan pembahasan RUU tersebut. Apalagi, sesuai fungsi, DPD merupakan perwakilan daerah dan akan memperjuangkan kepentingan daerah di tingkat nasional. “Kami akan segera koordinasikan kembali agar RUU ini segera dibahas. Saya siap memperjuangkan aspirasi yang disampaikan sepanjang untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di daerah,” kata LaNyalla.

Jika RUU Daerah Kepulauan disahkan, undang-undang tersebut bakal menjadi legitimasi bagi daerah-daerah kepulauan nantinya. “Kita tahu bersama Indonesia merupakan negara kepulauan. Maka saya menilai RUU ini amat penting untuk mewujudkan kepastian hukum terkait pengaturan kebijakan afirmasi bagi daerah kepulauan,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top