Metro Kendari

Alami Pungli, Laporkan !

Nomor Aduan Tertera di Aplikasi

KENDARINEWS.COM — Pungli bisa saja terjadi di mana-mana. Apalagi yang berurusan dengan layanan. Untuk itulah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra terus berusaha menutupi celah. Salah satunya melalui layanan info pajak. Melalui layanan ini, wajib pajak bisa melihat nominal yang harus dibayar.

Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad mengatakan terus berupaya memaksimalkan penarikan pajak. Tidak hanya membuka banyak loket pembayaran pajak, pemerintah juga merincikan besaran yang harus dibayarkan wajib pajak. Langkah ini tak lain untuk mencegah praktek Pungli.

“Kami berusaha tak mempersulit wajib pajak. Sedapat mungkin semua wajib pajak kita berikan kemudahan. Agar mereka lebih termotivasi untuk terus melunasi kewajibannya. Apalagi dengan adanya aplikasi info pajak, ” kata Suharmin Arfad.

Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad

Saat ini, layanan pengurusan pajak lebih simpel. Tagihan yang dibayarkan telah tertera termasuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Sebelum ke Samsat, wajib pajak bisa mengetahui berapa tunggakan melalui aplikasi info pajak. “Jika tunggakan yang dibayarkan lebih, tinggal laporan di nomor aduan yang tertera di hotline pada aplikasi,” jelasnya.

Layanan info pajak kata dia, bagian dari transparansi dalam mewujudkan zona integritas. Dengan aplikasi ini, layanan pajak lebih akuntabel. Di sisi lain, para aparatur yang bertugas tidak main-main. “Intinya jangan coba-coba mempersulit para wajib pajak. Sesuai laporan beberapa masih ditemukan oknum tapi itu sudah langsung laporkan di Ombusman dan BPK. Jadi jangan coba-coba ber main-main lagi dengan pajak masyarakat,” tegasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top