Politik

“Akun Palsu” Mulai Dimainkan di Konkep

KENDARINEWS.COM — Akun media sosial (medsos) tanpa identitas jelas, belakangan ini mulai memainkan narasi hoaks, SARA dan kampanye hitam merusak citra Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep). Bawaslu Konkep tak mau mengurusi akun medsos yang tak didaftarkan kepada penyelenggara.

Bawaslu Konkep saat menggelar rakor stekholder dalam rangka pengawasan partisipatif tahapan pencalonan pada pemilihan Bupati dan Wabup Konkep

Keluhan tentang akun palsu yang mulai menyerang figur tertentu diungkapkan semua tim pemenangan pasangan calon saat Rakor pengawasan partisipatif tahapan pencalonan pada pemilihan bupati dan wabup Konkep, Selasa (22/9).

Ketua Bawaslu Konkep, Muhammad Tawil mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan kampanye di dunia maya, hanya akun-akun resmi yang dilaporkan masing-masing pasangan calon kepada Bawaslu. Sementara untuk “akun palsu” yang sudah menyerang pribadi, pihaknya merekomendasikan kepada Liaison Officer (LO) setiap pasangan calon untuk melaporkan ke pihak yang berwajib.

“Apakah akun palsu itu menyerang calon atau menyerang pribadi yang merasa dirugikan, sebaiknya melapor saja di Polda. Karena kepolisian punya tim cyber. Karena itu sudah menjadi pidana umum, walaupun materinya tentang pemilu,” kata Muhammad Tawil saat memberikan materi.

Ia menegaskan, akun-akun media sosial yang bisa dipantau oleh Bawaslu Konkep, hanya akun yang digunakan untuk kampanye yang sudah terdaftar ke pihak penyelenggara. “Kami mengawasi hanya akun yang sudah didaftarkan oleh masing-masing calon. Tapi kalau akun palsu, kami tidak bisa awasi,” tandasnya.

Sebelumnya, LO Amrullah-Andi Muh Lutfi, Muamar meminta sesama LO agar tak saling mencurigai ,ihwal penggunaan akun palu yang menebar narasi tak baik di ruang digital. Katanya, akun palsu yang menyerang calon tertentu adalah menjadi tanggung jawab bersama untuk ditertibkan. Sehingga tak ada lagi akun tanpa identitas yang jelas memainkan narasi yang berpotensi menimbulkan perpecahan. (san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top