Konawe Selatan

Akhir Masa Jabatan, Bupati Konsel Resmikan Gedung Operasi RSUD

KENDARINEWS.COM — Masa kerja Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya, H. Arsalim Arifin resmi berakhir 23 Februari 2021, hari ini. Sederet prestasi dan keberhasilan mereka dalam menahkodai Konsel selama lima tahun, ditinggalkan. Mulai dari pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan ekonomi rakyat, maupun sumber daya manusia (SDM), serta pengembangan daya saing daerah. Bahkan jelang akhir masa jabatannya diperiode pertama, H. Surunuddin Dangga, masih sempat meresmikan gedung operasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konsel, Senin (22/2).

Peresmian gedung tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) antara RSUD dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel. Dalam kesempatan tersebut, Surunuddin Dangga mengungkapkan, peresmian gedung operasi tersebut merupakan suatu bentuk pengoptimalan pelayanan kesehatan di otoritanya. “Peresmian ruang operasi ini adalah wujud keseriusan kita dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ulangnya, menegaskan. Mantan Ketua DPRD Konsel dua periode tersebut menjelaskan, RSUD Konsel merupakan salah satu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RS di Sultra yang telah terakreditasi. Selain itu, juga masuk kategori RS daerah bintang satu di Sultra. Ditambah sepuluh layanan Puskesmas unggulan yang dilengkapi standar ruang rawat inap.

“Pembangunan gedung operasi ini merupakan kebutuhan RS supaya levelnya naik. Pembangunan fasilitas gedung operasi RSUD merupakan kemajuan dibidang pelayanan kesehatan. Dengan adanya infrastruktur ini, masyarakat Konsel sudah tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” sambungnya. Terkait MoU antara RSUD dan Kejaksaan, tambah Surunuddin, itu dalam rangka memberikan bimbingan hukum kepada tenaga kesehatan (Nakes) dalam melakukan pelayanan publik.

“Itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para Nakes apabila terbentur masalah hukum dalam memberikan pelayanan,” pungkasnya. Sementara itu, Dirut RSD Konsel, dr. Boni Lambang Pramana, mengatakan, dengan adanya gedung operasi yang baru diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Konsel dan Sultra pada umumnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. “Setelah momen peresmian gedung ini, secepatnya akan segera dioperasikan,” jelasnya.

Boni menambahkan, pembangunan gedung operasi RSD Konsel tersebut bersumber dari APBD dana alokasi Kkhusus (DAK) tahun 2020 sebesar Rp 11 miliar lebih yang dikerjakan selama 180 hari. Untuk diketahui, hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kabupaten (Sekab), Sjarif Sajang dan Kajari Konsel, Dr. Aprilianna Purba, para Forkopimda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top