Konawe Kepulauan

Abrasi Pantai Ancam Kawasan Wawobili Konkep


KENDARINEWS.COM — Geografis Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dikelilingi lautan. Banyak pemukiman warga di daerah itu yang berada di tepi pantai. Dampaknya, ketika musim ombak tiba, tanah pada kawasan pemukiman mengalami abrasi. Seperti yang dirasakan warga Kampa, di Desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat. Keluhan tersebut disampaikan langsung saat reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Aula Desa Kawakawali, pekan ini.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Konkep, Kalbi Erdiansyah (kanan) saat menerima aspirasi warga Desa Wawobili yang meminta pemerintah membangun talud penahan ombak, karena pemukiman mereka rawan abrasi

Wakil Ketua Komisi II DPRD Konkep, Kalbi Erdiansyah, mengungkapkan, warga Desa Wawobili meminta agar pemerintah membangun penahan ombak pantai. Pasalnya, ketika tanggul tersebut tidak ada, akan berdampak terhadap ambruknya bangunan rumah warga. “Sebagai perwakilan di parlemen, saya siap memperjuangkan apa yang menjadi keresahan masyarakat,” katanya, kemarin.

Menurut Kalbi, selain drainase dan tanggul, sarana infrastruktur menuju obyek wisata Pantai Kampa, juga diminta untuk dibenahi. Hal yang sama juga disampaikan warga Batumea Wawonii Tengah. Sarana infrastruktur di SP3 menuju perkampungan, juga diminta untuk dibenahi. “Bantuan pertanian seperti obat pembasmi hama dan bibit ayam menjadi kebutuhan warga saat ini. Semua masukan warga yang disampaikan akan kami perjuangkan saat pembahasan anggaran 2021. Agar usulan warga mampu terealisasi sebagai program sehingga masyarakat bisa mendapat manfaat dari program yang tepat sasaran,” janji Politikus PKB itu. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top