Bombana

92 CJH Bombana Batal Berhaji. Daftar Tunggu Mencapai 4.116 Orang

Kepala Kemenag Bombana/Abdul Aziz Baking.

KENDARINEWS.COM– Ditundanya ibadah haji sejak Pandemi Covid-19 membuat antrean Calon Jamaah Haji (CJH) kian panjang. Di Kabupaten Bombana, daftar tunggu CJH hingga tahun 2021 ini mencapai angka 4.116 orang. Angka ini menjadikan Bombana sebagai salah satu kabupaten yang daftar tunggu CJH nya terbanyak di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Kemenag Bombana, Abdul Aziz Baking mengungkapkan, langkah pemerintah melakukan penundaan keberangkatan CJH tahun ini semata-semata untuk menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh jamaah. Terlebih lagi, kasus Pandemi Covid-19 di dunia masih terus terjadi.

“Kouta Bombana tahun ini sebanyak 92 orang CJH dan seluruhnya telah menyelesaikan pelunasan Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH). Seandainya pelaksanaan ibadah haji tahun ini diadakan maka 92 orang ini sebenarnya sudah harus berangkat di bulan Juni ini,” katanya Kamis, (17/6).

Diakuinya, seluruh tahapan sebenarnya sudah sepenuhnya dilakukan pihaknya. Termasuk telah memberikan vaksinasi kepada 92 CJH 2021. Namun, dikarenakan pandemi dan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang memang belum membuka akses untuk melakukan ibadah haji memaksa CJH untuk lebih bersabar.

“Saya meminta agar semua CJH untuk bersabar. Sebab, situasi ini tidak hanya diberlakukan di negara kita saja. Namun, juga diseluruh dunia. Semoga tahun depan kondisinya suda jauh lebih baik, sehingga CJH kita yang tahun ini tertunda keberangkatannya bisa segera menunaikan ibadah haji ini,” katanya.

Abdul Aziz juga menjelaskan, hingga diterbitkanya kebijakan pembatalan ibadah haji pada 3 Juni lalu, belum ada CJH Bombana yang melakukan permohonan penarikan BPIH nya kembali. “Kalau ada jamaah haji yang ingin melakukan penarikan BPIH nya, kita di Kemenag akan memfasilitasi. Namun, perlu diketahui, bagi CJH yang menarik biaya hajinya maka kemungkinan besar mereka tidak lagi terdaftar pada pemberangkatan berikutnya,” pungkasnya. (idh).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top