Metro Kendari

90 Ribu Anak Belum Miliki KIA

-Dukcapil Genjot Pencetakkan Kartu Identitas

KENDARINEWS.COM– Jumlah anak di Kota Kendari cukup tinggi. Hampir separuh populasi penduduk didominasi anak berusia 0 – 16 tahun. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), jumlah anak di Kota Lulo mencapai 111.508 jiwa (30,78 persen) dari total penduduk 343.320 jiwa. Sayangnya, jumlah ini belum sebanding dengan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Hingga kini, baru sekitar 18,77 persen anak yang telah memiliki kartu identitas atau 20.930 anak. Sementara selebihnya, 90.578 anak belum punya KIA.

Wali Kota Kendari Sulkarnain mengatakan kesadaran orang tua dalam mengurus KIA masih kurang. Padahal pengurusan KIA tidak dipungut biaya alias gratis. Di sisi lain, kepemilikian sangat penting bagi anak agar bisa mengakses pelayanan publik seperti daftar masuk sekolah, keikutsertaan jaminan sosial BPJS kesehatan dan masih banyak lagi.

“Saya sudah instruksikan Dukcapil untuk mempercepat pencetakkan Kartu Identitas Anak. Saya minta dukcapil turun langsung dilapangan untuk mendata anak-anak kita agar memiliki KIA,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Dukcapil Kendari Iswanto Dongge mengaku siap melaksanakan instruksi wali kota untuk mempercepat pencetakkan KIA dengan turun langsung dilapangan. Iswanto mengaku, pihaknya pada 9 Agustus bakal melaksanakan program jemput bola di Kelurahan Alolama, Kecamatan Mandonga bersamaan dengan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

“Jadi warga yang ingin daftarkan anaknya untuk mendapatkan KIA bisa langsung datang di Kantor Kelurahan dengan foto kopi Kartu Keluarga (KK), KTP kedua orang tua dan pas foto ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar bagi anak yang berusia di atas 5 tahun. Bagi yang berusia dibawah lima tahun itu boleh tanpa foto,” ungkap Iswanto. Mantan Inspektur Pembantu (Irban) Inspektorat Kendari ini menambahkan, program jemput bola akan berlangsung selama Desember mendatang. Ia bakal menyasar seluruh kelurahan dengan target masyarakat yang belum punya KIA dan KTP-El bagi mereka yang berusia 17 tahun keatas. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top