Wakatobi

8 Puskesmas di Wakaktobi Belum Terakreditasi, 5 Madya Bidik Akreditasi Utama

KENDARINEWS.COM — Delapan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Wakatobi belum mengantongi akreditasi. Sementara lima lainnya telah terakreditasi madya dan kini menuju predikat utama. Jika ada peluang, maka kelima Puskesmas yang tersebar pada beberapa pulau tersebut akan diusulkan agar bisa naik satu tingkat lagi. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi, Muliadin Anis, menyebut, tahun 2021 ini pihaknya telah mempersiapkan delapan Puskesmas untuk diusulkan agar dinilai menuju akreditasi. Meski hanya enam yang diandalkan dan dinilai lebih siap, kelima Puskesmas yang sebelumnya telah terakreditasi madya justru diproyeksi dapat naik satu tingkat lagi.

“Iya yang terakreditasi madya ini kita berharap ada yang bisa naik satu tingkat sehingga ada Puskesmas kita kantongi akreditasi utama tahun ini,” harap Muliadin Anis, Minggu (2/5). Sejak tahun 2019 lalu, dari 20 Puskesmas di Wakatobi, 13 diantaranya telah mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) untuk pembanguan gedung baru. Sementara tahun ini fokus pembangunan diarahkan pada Puskesmas Popalia Kecamatan Togo Binongko. Di sana akan dibangun gedung pelayanan yang lokasinya tidak jauh dengan kantor kecamatan.

“Tahun ini kita berharap naik lagi dari madya ke utama. Akreditasi ini setiap tiga tahun dilihat kembali. Kalau sudah tiga tahun bisa dicek lagi oleh tim penilai. Kita berharap tahun ini ada yang naik satu tingkat,” tutup Muliadin. Untuk diketahui, yang terakreditasi madya tersebut adalah Puskesmas Taipabu dan Puskesmas Popalia di Pulau Binongko, Puskesmas Kulati dan Puskesmas Waiti’i di Tomia serta Puskemas Kapota di Wangi-Wangi. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top