Buton

700 RTLH di Buton Diusul Terima Bantuan


KENDARINEWS.COM — Diketahui, masih begitu banyak rumah tak layak huni (RTLH) milik warga di Kabupaten Buton. Dari catatan pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton, setidaknya ada 700 unit hunian memprihatinkan yang didiami satu keluarga, bahkan lebih. Padahal setiap tahun selalu ada bantuan perumahan disalurkan.
Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Buton, Nurul Kudus Tako, mengatakan, salah satu impian besar bagi KK miskin yang menghuni rumah kurang layak yakni mendapat bantuan rehabilitasi. Hanya saja, jumlahnya yang terus bertambah membuat bantuan pemerintah tak bisa menjangkau semua yang membutuhkan.

Nurul Kudus Tako

“Jumlahnya yang banyak. Jadi biar tiap tahun bantuan tidak akan habis RTLH itu,” katanya, kemarin. Tahun ini, Pemkab Buton menerima bantuan bedah 300 unit rumah. Ada bantuan rehab, ada pula bangun baru bagi KK yang belum punya hunian tetapi sudah memiliki lahan. Bantuan itu berasal dari dua sumber yakni dari pusat dan provinsi. “280 unit dari APBN dan 20 rumah APBD provinsi. Untuk APBN tersebar pada banyak kecamatan, sedangkan dari APBD itu hanya untuk di Pasarwajo,” tambah Nurul Kudus Tako.

Untuk bantuan tahun depan, pihaknya sudah mengusulkan melalui pengisian sistim informasi pembangunan perumahan (Sibaru). “Catatan dari lapangan itu 700 unit tidak layak huni. Tapi kita mengusulkan 1.500. Disamping data RTLH, ada juga KK yang belum punya kediaman,” terangnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top