Kesehatan

7 Manfaat Minum Rebusan Air Jagung, Penyakit Mematikan dan Ganas Ini Langsung Ambrol

KENDARIPOS.CO.ID–JAGUNG biasa dikonsumsi dalam berbagai bentuk makanan, mulai dari sup jagung, popcorn, hingga sebagai hidangan penutup. Selain bagian utama dari jagung yakni bijinya atau grain yang mengandung karbohidrat tinggi, ternyata rebusan air jagung juga bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Pasalnya, di dalam jagung terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 80 persen.

Jadi, setiap 100 gram jagung pasti mengandung 335 kalori, karbohidrat 73 gram, vitamin B1 0, 3 miligram, kalsium 10 gram, lemak 3,9 gram, 9,2 gram protein, 256 mg fosfor, 2,4 mg ferrum dan 12 gr air.

Berikut ini penjelasannya

1. Menurunkan Darah Tinggi,

Ini Manfaat air rebusan jagung bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang cukup berbahaya sehingga perlu ditangani secara serius dan cepat.

Cara Membuat Air Rebusan Jagung

Rebuslah 5 – 7 jagung muda yang sudah dicuci terlebih dahulu. Tambahkan pula 1 genggam rambut jagung ke dalam panci. Lalu, rebus dengan 200 ml air hingga mendidih. Jika sudah matang, saring dan minumlah ramuan air rebusan jagung ini setiap hari selama 7 hari.

2. Menjaga Kesehatan Jantung Dengan terjaganya aliran darah dalam tubuh serta semakin berkurang kadar kolesterol jahat, maka tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan jantung. Dalam air rebusan jagung memiliki efek anti-aterogenik di tingkat kolesterol, sehingga nantinya bisa mengurangi penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi air rebusan jangung menjadi salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan jantung.

Karena di dalamnya juga sudah mengandung asam lemak omega 3 yang bisa menghilangkan kolesterol jahat, kemudian akan digantikan pada tempat pengikatan. Dengan ini, kemungkinan penyumbatan arteri, tekanan darah tinggi dan kemungkinan serangan stroke bisa dihindari.

3. Menurunkan Kolestrol Tinggi Kolestrol ternyata secara alami bisa disembuhkan dengan air rebusan tongkol jagung yang masih muda. Manfat air rebusan dari jagung memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti, flavonoid, senyawa fenol, dan antioksidan. Kandungan flavonoid yang bisa mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah sehingga ampuh menurunkan risiko terkena serangan jantung koroner.

Cara mengolahnya: Cuci 3 tongkol jagung tanpa terlebih dahulu dikupas, rebus tongkol jagung ke dalam kurang lebih 10 gelas air, Biarkan airnya hingga mendidih dan sisakan 8 gelas

Konsumsi air rebusan tersebut untuk diminum satu hari. Untuk hasil yang maksimal, minum air rebusan jagung setiap hari secara rutin.

4. Penyakit Diabetes Manfaat air rebusan jagung juga bisa diminum untuk para penderita diabetes. Walaupun jagung memiliki rasa yang manis, tetapi sangatlah aman untuk penderita diabetes. Air rebusan jagung bisa dibuat dengan cara merebusnya bersama tangkai-tangkainya. Dipercaya justru tangkai jagung yang memiliki khasiat menyembuhkan. Lakukan secara rutin selama 2-3 minggu.

5. Mengatasi Batu Ginjal Manfaat air rebusan jagung juga berguna untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air seni. Proses ini disebut dengan nephtolithiasis.

Penyakit batu ginjal bisa ditangani dengan mengonsumsi air rebusan jagung yang bisa kamu buat di rumah. Caranya: Siapkan 4 tongkol jagung yang masih muda, jangan lupa hilangkan rambutnya hingga memenuhi 1 genggaman tanganmu. Tambahkan 8 daun keji beling yang masih segar. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam air sebanyak 110 ml. Kemudian, saring air tersebut lalu, minum secara rutin setiap hari.

6. Meningkatkan Pembuangan Racun Kegunaan air rebusan jagung bisa untuk meningkatkan proses mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk juga kolesterol jahat. Dengan aktivitas pembuangan racun yang semakin lancar, maka kesehatan tubuh secara menyeluruh juga makin meningkat. Khususnya untuk aliran darah yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit apabila terjadi penyumbatan.

7. Mengatasi Batu Empedu Selain itu, kadar kolesterol yang menumpuk tersebut juga bisa mengubah penumpukan menjadi kristal dan mengeras yang kemudian akan berubah menjadi batu empedu. Dengan mengonsumsi air rebusan jagung, maka sudah cukup untuk membuat anda terhindar dari masalah batu empedu. Agar khasiatnya lebih maksimal, Anda bisa merebus jagung bersama dengan daun kumis kucing yang diminum setiap hari hingga masalah batu empedu bisa disembuhkan.(genpi/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top