Aneka

7 Amalan Hebat yang Dicintai Allah dan Rasul-Nya

KENDARINEWS.COM– Sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW). Banyak cara untuk meraih surga dan ridha Allah, salah satunya dengan mengamalkan apa-apa yang dicintai Allah dan Rasul-Nya.

Syariat mengajarkan begitu banyak amalan yang dapat mengantarkan seseorang meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Bahkan Allah Ta’ala menjanjikan pahala besar bagi yang beramal saleh dengan ikhlas.

Sebagaimana firman-Nya: “Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” (QS Al-Ankabut: Ayat 7).

Dalam satu Hadis Qudsi, Allah berfirman: “Tidaklah seorang hamba mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu (amal saleh) yang lebih Aku cintai daripada amal yang Aku wajibkan kepadanya (dalam Islam), dan senantiasa hamba-Ku itu mendekatkan diri kepada-Ku dengan amal-amal saleh yang dianjurkan (dalam Islam) sehingga Aku pun mencintainya.” (HR. Al-Bukhari).

Berikut ini 7 amalan hebat sebagaimana dipaparkan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda dalam tausiyahnya.

1. Salat Tahajjud.
Karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya . Pastinya doa mudah termakbul dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah Ta’ala.

2. Membaca Al-Qur’an.
Sebelum terbit matahari, alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. Paling tidak jika sesibuk apapun kita, bacalah walau beberapa ayat.

3. Melangkahkan Kaki ke Masjid Terutama di Waktu Subuh.
Sebelum melangkah kemana pun, langkahkan kaki ke masjid karena masjid merupakan pusat keberkahan. Bukan karena panggilan muadzin, tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

4. Menjaga Salat Dhuha.
Kunci rezeki terletak pada Salat Dhuha . Yakinlah, manfaat salat dhuha sangat dahsyat dalam mendatangkan rezeki.

5. Bersedekah Setiap Hari.
Allah Ta’ala menyukai orang yang suka bersedekah , dan Malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Adapun sedekah yang dikeluarkan akan dibalas oleh Allah ta’ala dengan berlipat-ganda.

6. Menjaga Wudhu Terus Menerus.
Allah Ta’ala menyayangi hamba yang berwudhu . Kata Sayyidina Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu salat walau ia sedang tidak salat, dan dijaga oleh Malaikat dengan dua doa, ‘ampuni dosanya dan sayangilah dia Yaa Allah.”

7. Mengamalkan Istighfar Setiap Saat.
Dengan istighfar , masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah Ta’ala. Orang yang selalu beristighfar juga akan memperoleh rezeki dari arah yang tak diduga-duga.(rhs/net)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top